Kriminal

Sebanyak 32 Tersangka Pencurian Tertangkap dalam Operasi Curat 2019

Selama dua pekan kepolisian di wilayah DIY telah menangkap 32 orang tersangka pencurian dengan pemberatan (curat) dalam Operasi Curat Progo 2019.

Sebanyak 32 Tersangka Pencurian Tertangkap dalam Operasi Curat 2019
istimewa
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY memaparkan hasil operasi curat 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Selama dua pekan kepolisian di wilayah DIY telah menangkap 32 orang tersangka pencurian dengan pemberatan (curat) dalam Operasi Curat Progo 2019.

Operasi ini telah berlangsung selama 22 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Curat sebagaimana diatur dalam pasal 363 KUHP adalah pencurian yang dalam aksinya disertai keadaan tertentu yang memberatkan.

Contoh curat seperti pencurian ternak, pencurian saat malam di sebuah rumah atau pekarangan, pencurian yang dilakukan dua orang atau lebih, atau pencurian yang dilakukan dengan cara merusak.

Biasanya yang dirusak adalah jendela rumah atau pintu.

Polda DIY Ringkus Puluhan Pelaku Curat Selama Operasi Curat Progo 2019

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo mengatakan, operasi ini bertujuan untuk menekan angka curat dan mengungkap kasus curat sebanyak mungkin.

"Dalam operasi ini kami menetapkan target operasi (TO) dan non target operasi (NTO). Kali ini ada 19 kasus yang kami TO, tapi yang terungkap 18 kasus," paparnya, Rabu (7/8/2019).

Dari 27 kasus curat tersebut, sebanyak 32 orang tersangka berhasil ditangkap. Jumlah itu terdiri dari 19 orang tersangka TO dan 13 orang NTO.

Sedangkan barang bukti yang diamankan seperti 10 unit sepeda motor, 34 unit ponsel, tiga laptop dan uang Rp 3,12 juta.

"Kalau kami petakan, rata-rata yang diincar adalah rumah-rumah kosong. Ditinggal pergi yang punya. Dan para tersangka ini beraksi saat malam hari," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved