Bisnis

Strategi Dual Brand Tingkatkan Pertumbuhan XL di Semester I 2019

Dengan semua peningkatan pada jumlah pelanggan tersebut, ARPU blended juga mengalami peningkatkan sebesar 10% YoY menjadi Rp 34 ribu.

Strategi Dual Brand Tingkatkan Pertumbuhan XL di Semester I 2019
istimewa
Ilustrasi: Teknisi sedang melakukan pengecekan salah satu site XL Axiata yang berlokasi di BTS Perbatasan Tol Ngawi 

TRIBUNJOGJA.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatatkan pencapaian kinerja yang kuat di semester 1 2019, dengan pendapatan tumbuh sebesar 11% YoY yang didorong oleh peningkatan pendapatan layanan sebesar 15% YoY.

Sementara itu, pendapatan dari layanan data tumbuh 29% YoY, meningkat kontribusinya menjadi 87% terhadap total pendapatan layanan di periode semester 1 2019 ini.

Kinerja yang menggembirakan ini juga ditopang oleh meningkatnya efisiensi biaya yang mendorong EBITDA meningkat 19% YoY dan EBITDA margin juga tumbuh 3% YoY.

Pada periode semester 1 2019 ini, XL Axiata juga berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 282 miliar.

Cara Mudah Unreg Kartu Telkomsel, Axis XL, Indosat Ooredoo dan Tri

"Kami masih fokus dan konsisten pada pelaksanaan strategi untuk mendorong bisnis layanan data. Hasilnya, kami mampu meningkatkan penetrasi smartphone sebesar 12% menjadi 86% pada akhir semester pertama tahun ini," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangannya.

Dijelaskannya, pelanggan smartphone XL Axiata saat ini mencapai 48,6 juta per di semester 1 2019, meningkat 24% dari periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, total pelanggan juga berhasil tumbuh mencapai 56,6 juta, meningkat 7% YoY.

Pelanggan pascabayar juga meningkat menjadi menjadi lebih dari 1,05 juta.

Peningkatan pelanggan ini terutama didorong oleh keberhasilan perusahaan dalam menarik pelanggan smartphone dan juga pertumbuhan pelanggan yang pesat di wilayah luar Jawa.

XL Axiata dan Kumpulan Emak Blogger Beri Edukasi Literasi Digital Lewat Arisan Ilmu

Dengan semua peningkatan pada jumlah pelanggan tersebut, ARPU blended juga mengalami peningkatkan sebesar 10% YoY menjadi Rp 34 ribu.

Menurut Dian, strategi dual-brand yang memanfaatkan merek XL dan AXIS untuk melayani segmen pasar layanan data yang berbeda masih menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan kinerja XL Axiata yang kuat tahun ini.

Kedua merek tersebut berhasil terus tumbuh dan menunjukkan daya tarik bagi segmen pelanggan masing-masing melalui sejumlah produk baru. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved