Pendidikan

LPK OHMI Siap Cetak SDM untuk Hotel dan Kapal Pesiar

Sekolah perhotelan dan kapal pesiar ini siap mencetak SDM handal di dunia hospitality.

LPK OHMI Siap Cetak SDM untuk Hotel dan Kapal Pesiar
istimewa
LPK Omega Marine Hotel Institute (OHMI), Sabtu (5/8/2019) secara resmi membuka cabang di wilayah Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mengusung tagline: Build Your Future With Us!, LPK Omega Marine Hotel Institute (OHMI) resmi membuka cabang di Yogyakarta pada Sabtu (5/8/2019).

Sekolah perhotelan dan kapal pesiar ini siap mencetak SDM handal di dunia hospitality.

LPK OMHI, yang berdiri sejak Januari 2014 dan resmi mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap pada tanggal 1 Desember 2014 yang beralamat di Desa Jambusari, Jeruklegi, Cilacap.

Sementara, berkaitan dengan legalitas perizinan, LPK OMHI telah mengantongi Akta Notaris dan izin dari DPMPTSP serta Dinas Pendidikan dengan NPSN K 5652411.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

"Pada 2017, LPK OMHI telah membuka cabang di Tanjung Priok, Jakarta dan saat ini kami telah meresmikan cabang kami yang ke-2 bekerja sama dengan Owner Hotel De Laxston," kata Director LPK OHMI Eko Priyono Prasetyo, A Md Par melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

"Dan sebagai informasi kami didukung oleh instruktur dan praktisi, serta ex-Kapal pesiar sebagai pengajar di lembaga kami," imbuhnya.

Adapun tujuan didirikan LPK OMHI, lanjut Eko, adalah untuk memfasilitasi SDM yang mempunyai keinginan untuk bekerja di dunia hospitality khususnya perhotelan dan kapal pesiar serta menjawab tantangan dari DUDI yang semakin pesat dengan banyaknya lowongan pekerjaan baik di hotel maupun di kapal pesiar.

Adapun sistem pembelejaran LPK OHMI dibagi menjadi 3 term yaitu Teori selama tiga bulan di awal, OJT selama enam bulan minimal di hotel berbintang 4 utk memenuhi permintaan user khususnya di kapal pesiar, kemudian kembali lagi ke kampus untuk persiapan Uji Kompetensi dan persiapan interview kerja dari mulai persiapan dokumen, latihan interview sampai mengirimkan surat lamaran kerja.

Tekan Produksi Sampah, Pemkot Yogya Deklarasikan 200 Bank Sampah Sekolah

"Saat ini kami juga sudah bekerjasama dengan beberapa agency perusahaan kapal pesiar utk mengadakan walk in interview di lembaga kami secara rutin, selain juga penempatan kerja hotel di mancanegara khususnya di Timur Tengah dan Jepang dengan program pemerintah dalam hal ini Disnakertrans.

"Hal ini semata-mata kami lakukan sebagai wujud nyata program kami yaitu Jaminan Pendampingan Kerja kepada semua peserta didik kami," ujarnya.

Eko mengatakan keberhasilan LPK OMHI, tidak lepas dari kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak diantaranya yaitu adanya keanggotaan LPK OHMI di FKPKPI, asosiasi profesi di bawah naungan Dirjen Paud dan PNF, Dinas Pendidikan yang beranggotakan dari semua pengelola lembaga pendidikan dan pelatihan perhotelan dan kapal pesiar di seluruh Indonesia.

"Harapan kami juga kami sampaikan kepada bapak/ibu untuk dapat bekerjasama dengan kami untuk mengirimkan alumni dari sekolah yang bapak/ibu pimpin dalam mencetak tenaga-tenaga profesional di bidang hospitality khususnya perhotelan dan kapal pesiar," kata Eko yang juga mendapatkan mandat sebagai Ketua DPD FKPKPI Jateng dan DIY periode 2019 – 2024. (*)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved