Jawa

Aktivis Pecinta Binatang Kecam Sirkus Lumba-lumba di Kota Magelang

Alat pengeras suara yang digunakan dalam pertunjukkan ini juga dinilai dapat melukai pendengaran hewan mamalia seperti lumba-lumba ini.

Aktivis Pecinta Binatang Kecam Sirkus Lumba-lumba di Kota Magelang
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Kelompok aktivis pecinta hewan, Animal Friends Jogja (AFJ) menggelar aksi unjuk rasa menolak keberadaan Sirkus Lumba-lumba, Jalan Gatot Soebroto, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Sabtu (3/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Keberadaan sirkus Lumba-lumba keliling yang ada di lahan kosong Kebon Resto Resto dan Café, di Jalan Gatot Soebroto, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, dikecam oleh kelompok aktivis pecinta hewan, Animal Friends Jogja (AFJ). 

Kemarin, Sabtu (3/8/2019), mereka menggelar aksi unjuk rasa di depan sirkus untuk menolak keberadaan sirkus yang dinilai sebagai bentuk eksploitasi terhadap satwa.

“Kami menentang adanya sirkus lumba-lumba ini karena ini adalah eksploitasi satwa. Pertunjukkan sirkus lumba-lumba ini adalah bentuk kekejaman terhadap satwa, dan ini harus dihentikan,” ujar Angelina Pane, Program Manager Animal Friends Jogja, Sabtu (3/8/2019) saat ditemui Tribunjogja.com di sela aksi unjuk rasa.

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Wajah

Angeline mengatakan, sirkus Lumba-lumba keliling seperti ini seharusnya sudah tidak diperbolehkan lagi dan mesti dihentikan.

Namun, ia prihatin, di Indonesia, praktik eksplotasi terhadap satwa ini masih saja dilakukan.  

“Sirkus lumba-lumba seperti ini sebenarnya sudah dihentikan di seluruh dunia, tetapi di Indonesia, sirkus seperti ini masih saja dibiarkan terjadi,” katanya. 

Pelarangan tersebut sudah tercantum pada Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.53/Menhut-II/2006 tentang lembaga konservasi.

Namun, para operator malah nekat menggelar bisnis ekspolitasi seperti ini. 

AFJ : Sirkus Lumba-lumba Merupakan Eksploitasi

Para satwa dipaksa melakukan atraksi dengan metode lapar.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved