Kota Yogyakarta

Dinsos Kota Akan Gelar Pelatihan untuk Keluarga ODGJ

Menurutnya, ODGJ yang pulang dari rumah sakit sering kambuh lagi. Itulah yang membuatnya perlu melakukan pelatihan kepada keluarga.

Dinsos Kota Akan Gelar Pelatihan untuk Keluarga ODGJ
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Sosial Kota Yogyakarta akan menggelar pelatihan bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan kejiwaan.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakata, Agus Sudajat mengatakan peran keluarga sangat penting bagi orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ).

Menurutnya, ODGJ yang pulang dari rumah sakit sering kambuh lagi. Itulah yang membuatnya perlu melakukan pelatihan kepada keluarga.

Dinsos Gunungkidul Masih Kesulitan Tangani ODGJ

"Latarbelakangnya adalah karena ODGJ kalau pulang dari rumah sakit sering kambuh lagi. Yang paling besar mempengaruhi adalah lingkunga, sementara lingkungan yang paling dekat adalah keluarga, sehingga perlu ada penguatan pada keluarga,"katanya, Minggy (28/7/2019).

ODGJ sama halnya dengan orang sakit pada umumnya, yang membedakan adalah letak sakitnya, bukan menyerang organ tubuh, melainkan jiwanya.

Dengan demikian butuh pemahaman khusus bagi keluarga, agar bisa merawat ODGJ.

Peran lingkungan juga tak kalah penting.

Selama ini stigma kepada ODGJ masih kuat, padahal lingkungan sekitar juga harus membantu.

Jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kulon Progo Cukup Tinggi

"Kami sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, dengan adanya kader kesehatan jiwa. Memang tidak bisa hanya keluarga sendiri, tetapi juga perlu ada peran dari masyarakat. Lingkungan itu persetasenya 60 persen, baru faktor penyakitnya, dan yang lain," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved