Seleb

Manajemen Diri, Kunci Terhindar dari Narkoba

Rustamaji, Pakar Farmakologi dan Terapi UGM menerangkan dopamin ini adalah neurotransmiter yang merupakan pengantar komunikasi antar sel saraf.

Manajemen Diri, Kunci Terhindar dari Narkoba
IST
Stop Narkoba! 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ada yang mengatakan bahwa dengan menggunakan narkoba, maka semangat dan kepercayaan diri akan naik.

Namun, sebenarnya ketika hal tersebut ditinjau dari sisi medis, yang naik adalah Dopamin.

Rustamaji, Pakar Farmakologi dan Terapi UGM menerangkan dopamin ini adalah neurotransmiter yang merupakan pengantar komunikasi antar sel saraf.

Kalau itu naik tentu akan lebih bersemangat dan termotivasi.

Namun, menurutnya manfaat dari narkoba ini tidaklah sebanding dengan risiko yang akan didapatkan, yakni pemakaian jangka panjang yang bisa menimbulkan ketergantungan.

Penangkapan Jefri Nichol, Aktor Muda yang Terjerat Kasus Narkoba, Ibunda Menangis

"Karena sangat kuat ikatannya dengan sel reseptor di otak. Ada keinginan nagih, minta kembali kadang disertai usaha untuk dosis yang lebih tinggi. Ini yang bahaya, karena dopamin menghantarkan ke seluruh tubuh," terangnya saat ditemui di UGM pada Selasa (23/7/2019)

Menurutnya, Dopamin ini akan membuat organ yang ada dalam tubuh bekerja lebih keras, semisal jantung akan memompa lebih keras, pembuluh darah melebar, dan fungsi organ yang tadinya normal menjadi tidak normal.

"Risiko itu lebih bahaya daripada peningkatan kreativitas. Kalau sudah kecandun itu akan sulit makanya ada proses rehabilitasi. Proses pendekatan macam-macam. Kalau dari versi Kemenkes kita lakukan program substitusi. Mereka kami beri zat yang mirip dengan narkotika yang mereka konsumsi. Tapi lama-lama dibuat agar dia tidak suka. Proses akan berhenti saat dia sudah tidak suka. Keluarga perlu perjuangan setelah rehabilitasi," terangnya.

Aktor Muda Jefri Nichol Diamankan Polisi Terkait Dugaan Penggunaan Narkoba

Menurutnya, proses rehabilitasi ini membutuhkan kesungguhan agar seseorang pengguna narkoba bisa benar-benar terlepas.

Pasalnya, ada kemungkinan rasa kangen menggunakan narkoba muncul lagi di waktu tertentu.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved