Pendidikan

Mahasiswa Ingin UKT Rendah, Harus Sertakan Foto Rumah

Indun menerangkan, adanya banyak poin yang harus diisi tersebut untuk menghindari ketidaksesuaian data dengan apa yang ada di lapangan.

Mahasiswa Ingin UKT Rendah, Harus Sertakan Foto Rumah
Net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk menghindari adanya pemberian informasi yang tidak benar mengenai penghasilan orangtua, mahasiswa baru di Universitas Gadjah Mada, yang menginginkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di level rendah, harus menyertakan bukti foto rumah.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi UGM, Supriyadi mengungkapkan, ketentuan UKT di UGM tahun ajaran 2019/2020 masih menggunakan UKT 2018/2019, tidak ada perubahan dari besarannya.

Untuk levelnya sendiri masing-masing prodi dibagi menjadi 8 level.

Variasi UKT Masing-masing Kampus, dari 500 Ribu hingga 26 juta

Dia menerangkan, ketika mahasiswa menginginkan level UKT rendah, seperti level 1 dengan nominal 500 ribu, atau level 2 dengan nominal 1 juta, maka dia diwajibkan untuk mengunggah foto rumah sebagai bukti.

Namun, ketika mahasiswa tersebut tidak melakukan pengunggahan, maka secara otomatis sistem akan menyesuaikan besaran UKT sesuai dengan penghasilan orangtua.

Menurutnya, adanya aturan yang mengharuskan calon mahasiswa baru untuk mengunggah foto rumah, dikarenakan sebelumnya seringkali mahasiswa memberikan informasi yang tidak benar mengenai penghasilan orangtua.

Foto rumah merupakan salah satu cara mengurangi risiko penipuan.

Daftar Besaran Uang Kuliah Tunggal di UGM Yogyakarta 2019

"Sebenarnya dasar dari level UKT adalah dari penghasilan orangtua. Kalau ada mahasiswa yang mungkin orangtuanya petani, pedagang, atau wiraswasta yang tidak ada struk gaji dan seterusnya, itu sering mengisi pada penghasilan yang rendah. Pernah terjadi, mahasiswa punya mobil dan penampilan bagus, ternyata dia mengisi di level terendah," terangnya.

Menurutnya, ketika mahasiswa sudah yakin dengan UKT yang ditetapkan sistem dan tidak ingin mengganti dengan UKT yang lebih rendah, maka dia tidak diharuskan mengunggah foto rumah.

"Kalau mahasiswa sudah yakin ambil UKT tinggi, dan tidak mau mengganti tidak apa tidak mengunggah. Yang UKT rendah ini yang perlu dikonfirmasi, kemudian ada tim yang melakukan pengecekan. Kalau nanti ada mahasiswa yang ternyata melakukan penipuan langsung dilakukan interograsi," terangnya.

Jadwal Registrasi Mahasiswa Baru UGM 2019, Persyaratan, Bayar UKT hingga Ambil KTM

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved