Pendidikan

PT Kawan Lama Sejahtera Dorong Kompetensi SMK Hadapi Revolusi Industri 4.0

Pelaksanaan LKS SMK tingkat Nasional yang mengambil tema Kompeten Menyongsong Industri 4.0 mi melombakan 32 bidang lomba.

PT Kawan Lama Sejahtera Dorong Kompetensi SMK Hadapi Revolusi Industri 4.0
TRIBUNJOGJA.COM / Victor Mahrizal
Siswa SMK sedang mengoperasikan mesin CNC Turning pada lomba kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional XXV di Jogja Expo Center, Selasa (9/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - PT Kawan Lama Sejahtera, distributor penyedia peralatan industri teknik dan komersial yang merupakan induk Ace Hardware dan Informa, berkomitmen dalam mendukung program link and match Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan dunia pendidikan kejuruan bagi siswa SMK.

Sejalan dengan komitmen tersebut, maka Kawan Lama terus berupaya mengembangkan kompetensi siswa SMK lewat berbagai lini.

Hal ini dilakukan, mengingat tantangan siswa SMK yang semakin berat, karena adanya perubahan dunia kerja yang dipengaruhi Revolusi Industri 4.0.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Kali ini, Kawan Lama kembali bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk ikut serta dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Nasional xxvn.

Acara ini digelar pada 7-13 Juli 2019 di Jogja Exhibition Center, Yogyakarta.

”Siswa SMK harus memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja baik untuk memenuhi kebutuhan daerah, tingkat Nasional maupun Internasional," kata Direktur Pembinaan SMK, Dr Ir M Bakrun, MM, Selasa (9/7/2019)

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan untuk memotivasi peningkatan kompetensi siswa berupa kegiatan lomba atau kompetisi tahunan yang dinamakan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK).

"Kegiatan ini juga dalam upaya mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha dunia industri, serta pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Penerbangan Rute Jakarta - Samarinda Menjadi 14 Kali

Pelaksanaan LKS SMK tingkat Nasional yang mengambil tema Kompeten Menyongsong Industri 4.0 mi melombakan 32 bidang lomba.

Pada tahun ini, Kawan Lama ikut serta menguji kompetensi siswa SMK untuk 5 bidang lomba teknik, yaitu Automobile Technology, Metrology, Welding, CNC Milling, dan CNC Turning.

”Melalui gelaran LKS SMK ini, Kawan Lama ikut berpartisipasi mendidik bangsa khususnya pendidikan vokasi. karena bangsa Indonesia membutuhkan tenaga kejuruan yang mampu mengoperasikan alat-alat dengan sistem komputerisasi," ujar Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Selain sebagai ajang uji kompetensi, LKS SMK juga memotivasi siswa SMK untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian sesuai standar Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di era Industri 4.0.

Melalui kompetisi dan wokshop ini, siswa SMK diharapkan mampu bersaing di dunia industri kerja, baik untuk tingkat provinsi, Nasional, dan Internasional.(*)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved