Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho, Kepala BNPB : Dia Pahlawan Kemanusiaan

Letjen (TNI) Doni Monardo mengatakan almarhum Sutopo Purwo Nugroho merupakan sosok aparatur sipil negara (ASN) yang tangguh.

Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho, Kepala BNPB : Dia Pahlawan Kemanusiaan
TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
Pemberangkatan jenazah almarhum Sutopo Purwo Nugroho dari rumah duka menuju di TPU Sonolayu Boyolali. Upacara pemberangkatan jenazah dipimpin Kepala BNPB, Letjen (TNI) Doni Monardo, Senin (8/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BOYOLALI - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (TNI) Doni Monardo memimpin langsung prosesi upacara pemakaman almarhum Sutopo Purwo Nugroho di taman pemakaman umum (TPU) Kelurahan Sonolayu, Kabupaten Boyolali, Senin (8/7/2019).

Sebelum jenazah diberangkatkan ke TPU, Letjen (TNI) Doni Monardo mengatakan almarhum Sutopo Purwo Nugroho merupakan sosok aparatur sipil negara (ASN) yang tangguh.

Innalillahi wa innailaihi roji'un, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal
Innalillahi wa innailaihi roji'un, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal (Kompas.com)

"Dia almarhum (Sutopo) adalah pribadi pekerja keras tanpa pamrih. Dedikasinya sangat tinggi dan terus berusaha memberikan terbaik untuk bangsa dan negara," terangnya di Rumah Duka Boyolali, Senin (8/7/2019).

Kata-kata Mutiara Sutopo yang Dikenang Presiden Jokowi dan Sosoknya di Mata Media Asing

Upacara Pemakaman Sutopo akan Digelar sesuai Tradisi BNPB

Sampaikan Turut Berduka Cita, Jokowi: Selamat Jalan Pak Sutopo

Dia bercerita sejak mengetahui stafnya tersebut menderita kanker stadium 4 pada tahun 2017,  institusinya telah berusaha memberikan pelayanan kesehatan penuh dengan dokter terbaik di Indonesia.

Foto kenang-kenangan Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden Jokowi yang diunggahnya ke Instagram.
Foto kenang-kenangan Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden Jokowi yang diunggahnya ke Instagram. (www.instagram.com/sutopopurwo)

Hingga kemudian lanjutny, pengobatan berlanjut ke rumah sakit kanker terbaik di Asia yakni di Guangzhou Modern Hospital China.

"Namun sekali lagi kita semua pada akhirnya akan kembali pada Tuhan. Meski kami sangat kehilangan beliau tetapi kami juga harus ikhlas melepasnya," katanya.

Sutopo Purwo Nugroho Berpulang, Tagar #ripsutopo Jadi Trending Topic di Twitter

Fakta Seputar Sutopo, Mulai dari Tampang Asli Boyolali Hinggga Fans Berat Raisa dan Jokowi

Ia menambahkan mewakili keluarga serta selaku kepala BNPB menyampaikan rasa terimakasih kepada sejumlah pihak atas bantuan yang diberikan baik saat menjalani perawatan di tanah air dan luar negeri.

Dia berharap kepergian almarhum Sutopo dan apa yang telah dilakukan semasa hidup khususnya menyangkut masalah kemanusiaan dapat dijadikan contoh.

"Meski dalam keadaan sulit karena sakit kanker almarhum tidak mengeluh dan berkurang semangatnya mengabdikan diri bagi negara," ujarnya.

Jenazah Kepala Pusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho tiba di rumah duka di Perumahan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019) malam.
Jenazah Kepala Pusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho tiba di rumah duka di Perumahan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019) malam. (Kompas.com/RINDI NURIS VELAROSDELA)

Almarhum lanjutnya, juga selalu menyempatkan diri menyusun informasi menjadi bahan pemberitaan yang dapat dimengerti hingga masyarakat kalangan bawah. Sutopo tidak jarang memberikan analisa serta saran dan masukan apa yang sebaiknya dilakukan.

"Terimakasih kepada semua. Pak Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian khusus kepadanya. Dia tidak pernah mengeluh selalu semangat terlibat dalam proses kebencamaan. Kita semua sangat kehilangan Sutopo, dia pahlawan kemanusiaan," jelasnya.

Innalillahi, Sutopo Meninggal Dunia di Guangzhou China

Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Tiba di Rumah Duka

Sutopo saat menjalani kemoterapi untuk menyembuhkan kanker paru stadium 4B yang dideritanya
Sutopo saat menjalani kemoterapi untuk menyembuhkan kanker paru stadium 4B yang dideritanya (twitter / @sutopo_PN)

Sebelum dimakamkan di TPU Sonolayu Boyolali jenazah almarhum Sutopo setiba di Jakarta dini hari tadi sekira pukul 20.30 WIB dari Ghuangzou, China disemayamkan di rumahnya di PN Raffles Hills, Cimanggis, Sukatani, Tapos Kota Depok, Jawa Barat.

Selanjutnya jenazah dibawa ke kampung halaman Boyolali Jateng, Senin (8/7/2019) pagi sekira pukul 05.50 WIB dan tiba ke rumah duka sekira pukul 07.45 WIB. (tribunjateng/M Nafiul Haris)

Editor: ton
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved