Bisnis

Kominfo Ajak Startup Lokal Dorong UMKM Go Online

Kominfo RI mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai beralih ke pasar online.

Kominfo Ajak Startup Lokal Dorong UMKM Go Online
istimewa
Kegiatan Grebek Pasar yang digelar Kominfo RI bersama Titipku di Pasar Beringharjo Yogyakarta, belum lama ini. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai beralih ke pasar online.

Upaya tersebut diwujudkan dengan melakukan program Grebek Pasar sebagai dukungan agar UMKM go online.

Ini 8 Alasan Memilih TVS Ntorq 125 untuk Berkendara

Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata Transportasi dan Perdagangan Kominfo, Sumarno menyatakan, pasar harus dapat memanfaatkan platform digital yang sudah ada, karena sekarang semua sudah beralih ke platform online.

"Saya berharap agar nantinya produk pasar ini bisa dijual tidak hanya nasional saja, tetapi hingga keluar Indonesia. Melalui uluran tangan para Pandu Digital dan marketplace, kami berharap agar pasar dapat dibantu dalam proses go online,” kata Sumarno saat ditemui Tribunjogja.com usai meluncurkan program tersebut di Lantai 3 Pasar Beringharjo, belum lama ini.

Pihaknya dalam program ini menggandeng startup lokal asal Yogyakarta Titipku yang dihadirkan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pada 30 Juni 2019 dan 1 Juli 2019 lalu, Titipku turut di undang untuk memberikan arahan kepada Tim Pandu Digital untuk memperkenalkan aplikasi Titipku ke pedagang pasar.

Aplikasi Restoku Bantu UMKM Bidang Kuliner Lakukan Transformasi Digital untuk Maksimalkan Potensi

Mengedepankan fitur Jelajah, aplikasi Titipku diharapkan dapat membantu percepatan digitalisasi UMKM Indonesia khususnya pasar yang ada di wilayah D I Yogyakarta.

Grebeg Pasar akan berlangsung mulai 4 Juli 2019 – 17 Juli 2019 dengan target 2000 UMKM go online.

Tentunya untuk mencapai target tersebut, Kominfo tidak bergerak sendiri, melainkan mengajak beberapa relawan yang disebut dengan Pandu Digital untuk membantu UMKM dalam proses go online.

Tim Pandu Digital tersebut yang akan memandu pedagang di kios pasar untuk mulai berjualan secara online supaya produknya dapat dikenal secara lebih luas.

Selain di Pasar Beringharjo, kegiatan serupa juga akan hadir di Pasar Klithikan dan Pasar Lempuyangan Yogyakarta. (*)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved