Yogyakarta

PPMAY Beri Sejumlah Catatan Pelaksanaan Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro

PPMAY menyebut adanya sejumlah evaluasi terkait dengan pelaksanaan uji coba semi pedestrian Malioboro, Selasa (18/6/2019) lalu.

PPMAY Beri Sejumlah Catatan Pelaksanaan Uji Coba Semi Pedestrian Malioboro
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Sejumlah personel ditempatkan di berbagai titik untuk mengarahkan pengguna kendaraan bermotor saat melintas di Kawasan Malioboro dalam Uji Coba Malioboro Semipedestrian, Selasa (18/6/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Paguyuban Pedagang Malioboro Ahmad Yani (PPMAY) menyebut adanya sejumlah evaluasi terkait dengan pelaksanaan uji coba semi pedestrian Malioboro, Selasa (18/6/2019) lalu.

Pengusaha menyebut adanya penurunan omzet hingga 50 persen saat pemberlakuan uji coba ini, termasuk mereka menyoroti sulitnya akses bagi wisatawan.  

Ketua Umum PPMAY, Sadana mengatakan, uji coba pada hari Selasa Wage, hasilnya dipandang kurang bisa  mencerminkan kondisi Malioboro sebenarnya. 

Sehingga hasilnya menjadi kurang optimal. 

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

"Toko-toko mengalami penurunan omzet hingga 50 persen dibanding keadaan selasa wage sebelumnya. Parkir di Malioboro Mall mengalami penurunan  sebesar 60 persen,  tenant dan oulet di Mall, secara rata  rata mengalami penurunan omzet 40 persen," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Kamis (20/6/2019).

Sadana menjelaskan, penurunan omzet ini harus menjadi hal yang dicermati dengan serius.

Dia menambahkan,  penurunan omzet kalau berkelanjutan dan terus menerus, akan menyebabkan toko tidak bisa bertahan dan berdampak pada masalah tenaga kerja (karyawan). 

"Jika sampai ada toko yang gulung tikar, bagaimana nasib para karyawannya, " katanya. 

Sadana juga menyebutkan,  pihak Hotel Mutiara juga menyampaikan banyak keluhan sehubungan dengan uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor.

Ada dua grup rombongan yang cancel setelah mengetahui rencana uji coba. 

Pemprov DIY Evaluasi Penataan Konsep Pedestrian Malioboro

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved