Kota Yogya

Energi Terbarukan Jadi Syarat Mendirikan Hotel Bintang 4 dan 5

Bangunan usaha hotel bintang 4 dan 5 diterbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bila memenuhi persyaratan khusus.

Energi Terbarukan Jadi Syarat Mendirikan Hotel Bintang 4 dan 5
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta telah menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) Kota Yogyakarta nomor 42/2019 tentang Batasan Usaha dan Persyaratan Khusus Izin Mendirikan Bangunan sebagai Tindak Lanjut Peraturan Walikota nomor 85 tahun 2018 tentang Pengendalian Pembangunan Hotel.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta, Nurwidihartana mengatakan bahwa dalam Perwal tersebut tercantum beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi investor untuk bisa mendirikan hotel bintang 4 dan 5 di Kota Yogyakarta.

Satu di antaranya yakni adanya persyaratan khusus mendirikan bangunan hotel bintang 4 dan 5.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Bangunan usaha hotel bintang 4 dan 5 diterbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bila memenuhi persyaratan khusus, satu di antaranya melampirkan surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa usaha hotel yang akan dibangun menggunakan energi terbarukan.

"Nanti itu include di dokumen lingkungannya. Misalkan untuk listrik menggunakan energi terbarukan panel surya, dan sebagainya," ucapnya pada Tribunjogja.com, Jumat (21/6/2019).

Penggunaan energi terbarukan tersebut, dijelaskan Nurwidi untuk menjadikan bangunan khususnya bangunan-bangunan baru di Kota Yogyakarta menjadi ramah lingkungan dan menjadi bangunan hijau atau green building.

"Kalau bangunan (lama) yang sudah berdiri, suatu saat kan ada renovasi. Pelan-pelan kami mendorong mereka untuk itu," ucapnya.

Selain terkait energi terbarukan, ada beberapa syarat tambahan fasilitas hotel bintang 4 dan 5 yang juga disebutkan secara rinci dalam Perwal tersebut.

Mulai dari ketentuan gambar teknis bangunan dan kelengkapan fasilitas yang harus memenuhi beragam unsur.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved