Bisnis

AP I Sambut Penurunan Harga Tiket Penerbangan LCC

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto mengungkapkan memang harga tiket sudah selayaknya diturunkan.

AP I Sambut Penurunan Harga Tiket Penerbangan LCC
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
General Manager PT Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama 

TRIBUNJOGJA.COM - Penurunan harga tiket penerbangan LCC (maskapai berbiaya murah) yang diumumkan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution pada Kamis siang (20/6/2019) disambut baik oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama.

Pandu dalam sambungan telepon mengungkapkan memang harga tiket sudah selayaknya diturunkan, karena selama ini tiket selalu di batas atas.

Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap jumlah penumpang.

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

"Kalau memang harus selayaknya diturunkan, karena memang selama ini di batas atas terus. Sehingga ada pengaruhnya terhadap penumpang itu, daya beli tidak terjangkau," terangnya pada Tribunjogja.com.

Pandu menjelaskan jika setelah ada kenaikan harga tiket sebelumnya, data penumpang yang ada di Bandara Internasional Adisutjipto menurun drastis.

Yang mana pada tahun 2018 setiap harinya penumpang bisa mencapai 23-26 ribu, pada tahun ini dari bulan Januari-Mei hanya sekitar 13 ribu setiap harinya.

Menurutnya, penurunan penumpang turut membebani pembiayaan AP I sebagai operator.

Pandu mengatakan, pada tahun 2019 ini jumlah penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto tidaklah sesuai target, padahal di tahun ini pihaknya menargetkan jumlah penumpang lebih tinggi dari tahun 2018.

Asita DIY Ragu Undang Maskapai Asing Turunkan Harga Tiket

"Memang saya akui ada penurunan 30-40% selama bulan Januari-Mei 2019. Luar biasa penurunan penumpang. Sehingga membebani juga pembiayaan di AP I sebagai operator. Kalau AP I kan dapatnya dari volume penumpang makin sedikit ya tidak sesuai target, padahal di 2019 target saya lebih banyak dari 2018, ternyata drop," terangnya.

Berkenaan dengan airport tax, Pandu mengungkapkan jika hal tersebut tidak berpengaruh ketika ada kenaikan maupun penurunan harga tiket

"Kalau saya sih bersyukur kalau memang ada maskapai yang siap untuk menurunkan harga. Saya mendukung, itu sesuatu yang bagus. Untuk airport tax itu dari dulu tidak pernah disesuaikan, mau itu naik mau itu turun tetap segitu. Jadi makanya kalau saya bilang kalau airline kan mereka lebaran naik banyak, tapi kalau bandara tidak," ungkapnya. (*)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved