Kota Yogyakarta

Haryadi: Semua Bisa Mengakses Malioboro

Kawasan semipedestrian bertujuan untuk menata wajah Kota Yogyakarta menjadi lebih baik dan tidak bertujuan untuk memudahkan akses bagi semua pihak.

Haryadi: Semua Bisa Mengakses Malioboro
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wali Kota Yogyakarta, Hariyadi Suyuti 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wali Kota Yogyakarta Hariyadi Suyuti menegaskan bahwa penataan Malioboro menjadi kawasan semipedestrian bertujuan untuk menata wajah Kota Yogyakarta menjadi lebih baik dan tidak bertujuan untuk memudahkan akses bagi semua pihak.

"Kita rapatkan di provinsi tentu menyangkut beberapa aspek yang menjadi perhatian kita. Yang jelas akses ini akan kita berikan dengan tetap tidak menggunakan kendaraan (bermotor)," jelasnya, di ruang kerjanya, Kamis (13/6/2019).

Ia mengatakan, selama ini upaya yang dilakukan pemerintah bekerjasama dengan pihak kepolisian adalah menerapkan rekayasa lalu lintas.

Namun hal tersebut dianggap bukan sebagai penyelesaian terbaik yang bisa diterapkan untuk jangka panjang.

PT AMI Siap Tambah Halte Bus Trans Jogja di Malioboro

"Uji coba ini untuk ke depan, karena sistem yang selama ini menggunakan rekayasa lalu lintas. Itu mau sampai kapan? Rekayasa ini ibaratnya pesawat yang mau landing di Yogya tapi harus muter-muter dulu di atas, tapi ujung-ujungnya landing. Sama seperti rekayasa, panjang dan harus muter-muter," terangnya.

Terkait pembatasan akses yang dikeluhkan beberapa kelompok Komunitas di Malioboro, Haryadi angkat bicara. Ia mengatakan bahwa pedestrian Malioboro memberikan akses publik, baik pelaku pedagang di Malioboro maupun pelanggan.

Mereka bisa parkir di luar pedestrian Malioboro dan berjalan kaki menuju area tersebut.

"Kita tetep konsen dan menerima masukan. Tapi kami sampaikan lagi bahwa perkembangan ke depan akan seperti ini. Ini akan ada pemecahan solusi. Kita mau berkembang jadi harus berpikir positif," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Paguyuban Kusir Andong Yogyakarta (PKAY) Purwanto mengatakan bahwa mereka mendukung dan telah menyiapkan diri untuk mengikuti program pemerintah tersebut.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved