Basarnas Yogyakarta Siagakan Tim di Pantai Selatan Yogyakarta

Kepala Basarnas Yogyakarta L.Wahyu Efendi mengatakan tim tersebut disiagakan guna memberikan rasa aman bagi wisatawan.

Basarnas Yogyakarta Siagakan Tim di Pantai Selatan Yogyakarta
Dok Basarnas Yogyakarta
Basarnas Yogyakarta menyiagakan 70 Personel dalam operasi siaga khusus angkutan lebaran. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Badan Nasional Pencarian dan pertolongan (Basarnas) Yogyakarta menurunkan tiga tim untuk bersiaga selama Lebaran. Dari tiga tim tersebut ada 8 personel yang disiagakan.

Kepala Basarnas Yogyakarta L.Wahyu Efendi mengatakan tim tersebut disiagakan guna memberikan rasa aman bagi wisatawan. Khusunya bagi wisatawan di Gunungkidul,Bantul dan Kulon Progo.

"Tujuan siaga Khusus Lebaran 2019 dan di objek wisata pantai selatan Gunung Kidul,Bantul dan Kulonprogo, yaitu memberikan rasa nyaman dan aman kepada wisatawan yang berlibur di pantai selatan," katanya Minggu, (9/6/2019).

Dua Kecamatan Terima Bantuan Air dari BPBD

Pedestrian Malioboro, Butuh Kemudahan Akses dan Kantong Parkir

RSUP Dr Sardjito Klarifikasi Info Anak Terkena Kanker Darah Akibat Keseringan Bermain Gadget

30 Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Wilayah Kabupaten dan Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta

Ia menjelaskan tim rescue melakukan patroli di pantai Gunung Kidul melalui jalur laut.

Dalam patroli tersebut, tim mengunakan 1unit jetsky milik Basarnas Yogyakarta dan 1 Unit Jetsky milik Sar Satlinmas wilayah 2 Baron yang Stanby di Indrayanti.

Tak hanya itu, ada 2 Unit Amphibius bersama 8 Personil di Pantai Parangtritis dan Perahu Karet Di Pantai Congot Oleh Personil Unit Siaga Congot Kulonprogo.

Selama patroli, tim rescue Basarnas Yogyakarta bekerjasama dengan TNI, Polri, SAR MTA,PMI,SAR SatLinmas Wilayah II Baron,Sar Sarlinmas wilayah 3 Parangtritis,Sar Satlinmas Glagah dan Potensi SAR Lainnya.

Tim juga menggunakan satu mobil rescue car, dilengkapi dengan perlengkapan alat ekstrikasi untuk penanganan kecelakaan jalan raya dan bangunan runtuh.

Ia melanjutkan, tim disebar di berbagai pantai yang paling banyak dituju wisatawan, seperti Indrayanti, Parangtritis, Glagah dan Congot.

Hingga Sabtu (8/6) tidak ada kejadian yang terkait dengan wisatawan pantai selatan. Meski demikian, tim SAR tetap mengharap kewaspadaan masing-masing wisatawan saat berlibur di wilayah pantai karena banyak wisatawan tersengat Ubur-ubur.

“Cuaca Yogyakarta sedang bagus, semua bersahabat dan indah untuk dinikmati. Meski begitu kami berharap wisatawan tetap hati-hati dan memperhatikan himbauan larangan di pantai. Selamat berlibur dan menikmati keindahan pantai di DIY,” pungkasnya (maw)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved