Bisnis

H-5 Tiket Pesawat Jakarta ke Yogyakarta Paling Murah Rp 2,6 juta

Hari jelang lebaran Idul Fitri (H -5) transportasi udara semakin sulit dan harga tiket terus meroket, bahkan untuk terbang terbang dari Jakarta

H-5 Tiket Pesawat Jakarta ke Yogyakarta Paling Murah Rp 2,6 juta
IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hari jelang lebaran Idul Fitri (H -5) transportasi udara semakin sulit dan harga tiket terus meroket, bahkan untuk terbang terbang dari Jakarta ke Yogyakarta sudah sulit mendapatkan penerbangan langsung (direct flight)

Berdasarkan pantaun Tribun Jogja di agen penjualan online Traveloka, Kamis (30/6/2019) harga tiket pesawat untuk keberangkatan 31 Mei 2019 rute Jakarta ke Yogyakarta dijual dengan harga paling murah Rp 2,6  juta untuk kelas ekonomi.

Geger Harga Tiket Pesawat Tembus Rp21 Juta, Kemenhub Sebut Muter-muter Piknik

Penerbangan ini menggunakan maskapai Lion Air dan harus transit di Denpasar untuk ganti pesawat Nam Air.

Transit di Bali pun harus menunggu 3 jam 50 menit dengan ketentuan harus check-in ulang dan memindahkan bagasi secara manual.

Namun untuk rute sebaliknya, dari Yogyakarta ke Jakarta untuk keberangkatan 31 Mei 2019 masih tersedia direct flight dari maskapai Lion Air dengan harga termurah Rp 800 ribu.

Citilink juga masih menyediakan tiket ekonomi dengan harga Rp 859 ribu, sementara Garuda masih cukup realistis di harga Rp 1 juta.

Di sejumlah rute penerbangan favorit juga terjadi masalah yang sama, misalnya penerbangan untuk keberangkatan 31 Mei 2019 rute Jakarta ke Medan dijual dengan harga paling murah Rp 3,7 juta untuk kelas ekonomi.

Momen Mudik, Penumpang Pesawat Diprediksi Turun 19,7%

Penerbangan ini menggunakan maskapai Lion Air dan harus transit di Kuala Lumpur untuk ganti pesawat Batik Air.

Jika kelas ekonomi habis, ada kelas bisnis pada rute yang sama dijual Rp 9,9 juta.

Lebih parah lagi bila terbang dari Bandung ke Medan, tiketnya Rp 13,4 juta sampai Rp 21,9 juta untuk penerbangan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Untuk mengakali mahalnya harga tiket ini, pemudik harus ada usaha ekstra, yaitu terbang lewat Kuala Lumpur yang kelas ekonominya masih tersedia.

Jadi, pemudik terbang ke Kuala Lumpur, dari Kuala Lumpur baru terbang ke Medan atau tujuan lain di Sumatera.

Waktu yang dihabiskan memang lebih lama karena ada jeda transit dan ganti pesawat, tapi biaya yang dihemat cukup lumayan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: vim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved