Yogyakarta

PP Muhammadiyah Minta Tidak Perlu Ada Pengerahan Massa ke Jakarta

Pimpinan Pusat Muhammadiyah meminta masyarakat dan juga pejabat publik untuk tetap tenang dalam menyikapi pengumuman rekapitulasi hasil pemilu 2019.

PP Muhammadiyah Minta Tidak Perlu Ada Pengerahan Massa ke Jakarta
Kompas.com
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA. COM, YOGYA - Pimpinan Pusat Muhammadiyah meminta masyarakat dan juga pejabat publik untuk tetap tenang dalam menyikapi pengumuman rekapitulasi hasil pemilu 2019.

PP Muhammadiyah pun menyebut pengumuman resmi KPU terkait hasil Pemilu adalah langkah yang konstitusional.

Dua Rekomendasi Brand Fashion Lokal Kekinian

"Semua pihak, komponen bangsa, kekuatan politik harus menghormati (pengumuman resmi hasil rekapitulasi KPU) sebagai keputusan konstitusional, " ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir usai bertemu dengan Gubernur DIY di Kepatihan, Senin (21/5/2019).

Dia pun menyebut jika memang ada pihak yang tidak puas dan menganggap ada pelanggaran, kecurangan ataupun kesalahan dalam penyelenggaran Pemilu bisa menempuh jalur hukum melalui mahkamah Konstitusi (MK).

Dia pun meminta masyarakat tetap tenang dan menghormati keputusan KPU.

"Jika ada aspirasi bisa disampaikan di tempat masing-masing. Sebaiknya tidak perlu ke Jakarta, apalagi bulan Ramadan ini bagi umat Muslim sebagai refleksi untuk menahan diri dari hal yang dapat merusak nilai puasa. Ini demi kemasalahatan bangsa dan negara, " jelasnya.

KPU Tetapkan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, Saksi BPN Tak Mau Tanda Tangan

Menurut Haedar, negara Indonesia adalah negara hukum dan jika memang ada keberatan ataupun perselisihan bisa diselesaikan dengan jalur hukum.

Dia juga mengingatkan agar pejabat negara bisa menahan diri untuk tidak membuat pernyataan yang membuat suasana panas dan menimbulkan pro dan kontra.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved