Kota Magelang

'Bung Sunarya' Mudahkan Penghuni Rusunawa Punya Rumah Sendiri

Program ini membantu masyarakat yang ingin menabung guna keperluan membangun atau membeli rumah sendiri.

'Bung Sunarya' Mudahkan Penghuni Rusunawa Punya Rumah Sendiri
Dok Humas Pemkot Magelang
Penandatanganan kerjasama "Bung Sunarya" antara Disperkim dan PD BPR Bank Magelang, di Aula Rusunawa Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jumat (17/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Magelang menggandeng PD BPR Bank Magelang membuat program Tabungan Khusus Perencanaan Griya (Bung Sunarya) untuk masyarakat penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) maupun Rumah Khusus (Rusus) di Kota Magelang.

Program ini membantu masyarakat yang ingin menabung guna keperluan membangun atau membeli rumah sendiri.

Kepala Disperkim Kota Magelang, Handini Rahayu, menyatakan program ini menjadi implementasi tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat. Pihaknya hadir melalui program tersebut.

"Kami memiliki kewajiban untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan rumah tinggal sendiri, setelah sekian lama dibei kesempatan tinggal di rusunawa," ujar Handini, disela-sela penandatanganan kerjasama "Bung Sunarya" antara Disperkim dan PD BPR Bank Magelang, di Aula Rusunawa Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jumat (17/5/2019).

Dijelaskan Handini, tinggal di Rusunawa memiliki batas waktu tertentu karena memakai sistem sewa.

Para penghuni semestinya memiliki cita-cita untuk mempunyai rumah tinggal sendiri.

Pihaknya pun berharap mereka memanfaatkan kemudahan Bung Sunarya dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

"Jadi mumpung masih diawal-awal tahun menghuni, kami memberikan pendampingan agar mereka memiliki krentek (keinginan) yang sama untuk merencanakan memiliki rumah," tutur Handini.

Ia menyebutkan beberapa strategi sudah dilakukan pemerintah pusat dan digulirkan sampai ke daerah, terkait penyediaan perumahan.

Salah satunya adalah pembangungan Rusunawa, Rusus, Rumah Tidak Layak Huni yang dilaksanakan melalui program peningkatan kualitas maupun pembangunan baru.

Melalui program tersebut diharapkan para penghuni Rusunawa untuk bisa memiliki perencanaan yang lebih pasti dan bisa dijangkau. Bung Sunarya merupakan tahapan awal dan masih akan ada tahapan lagi yang akan menjadi perencanaan bersama.

Halaman
12
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved