Pendidikan

Pupuk Dilan 2019 Karya Mahasiswa Teknologi Industri UAD Juara di Malaysia

Di bawah bimbingan dosen Amalia Yuli Astuti, mereka sukses memanfaatkan limbah buah-buahan yang menumpuk di Kota Yogyakarta

Pupuk Dilan 2019 Karya Mahasiswa Teknologi Industri UAD Juara di Malaysia
DOK Tribun Jogja
Tim Dilannya UAD saat berkunjung ke Tribun Jogja, Selasa (14/5/2019). Mereka menunjukkan produk bernama Dilan 2019 yang berhasil meraih medali emas. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tim Dilannya Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih medali emas pada kompetisi Internasional Festival Innovation On Green Technology (I-FINOG) 2019 di Universiti Malaysia Pahang, akhir April 2019 lalu.

Tim Dilannya UAD, yang terdiri atas Fikram Oktafiandi dan Fahri Firmansyah dari Teknik Industri serta Amanda Dwi Oktavia Adisty dari Teknologi Pangan, menyabet juara berkat inovasi pupuk cair organik untuk tanaman hidroponik.

Di bawah bimbingan dosen Amalia Yuli Astuti, mereka sukses memanfaatkan limbah buah-buahan yang menumpuk di Kota Yogyakarta menjadi sebuah produk bernama Liquid Biocompost Plant atau disingkat Dilan 2019.

Mahasiswa UAD Gandeng Kepolisian Kampanyekan Budayakan Tertib Berlalu Lintas di Titik Nol

“Dilan 2019 merupakan pupuk cair alami pengganti pupuk cair kimia. Produk tersebut telah kami uji untuk tanaman hidroponik sawi-sawian. Bahan campurannya hanya glukosa dan air baku,” kata Fiko, panggilan akrab Fikram, Selasa (14/5/2019).

Sementara menurut Amalia, gagasan untuk membuat Dilan 2019 dilatarbelakangi oleh banyaknya buah-buahan rusak dan menumpuk di beberapa pasar di Kota Yogyakarta.

“Alhamdulillah, inovasi itu mendapat apresiasi,” tukasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: igy
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved