Bawaslu Catat Tiga Caleg DPD RI DIY Tak Laporkan Dana Kampanye, Ketiganya pun Terancam Sanksi

Bawaslu DIY melalui keterangan resminya pada Sabtu (4/5/2019) mencatat tiga caleg yang tak laporkan dana kampanye.

Bawaslu Catat Tiga Caleg DPD RI DIY Tak Laporkan Dana Kampanye, Ketiganya pun Terancam Sanksi
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tiga dari 11 calon legislatif DPD RI DIY diketahui tak melaporkan dana kampanyenya.

Bawaslu DIY melalui keterangan resminya pada Sabtu (4/5/2019) mencatat tiga caleg yang tak laporkan dana kampanye.

Ketiganya yakni caleg nomor urut 23, Bachrul Ulum, nomor urut 25, Chang Wendriyanto dan nomor urut 31, Yohanes Widi Praptomo.

Padahal, sesuai kewajiban yang diamanatkan dalam Undang-undang peserta Pemilu tingkat DIY yang terdiri dari partai politik tingkat provinsi dan calon perseorangan anggota DPD diwajibkan menyampaikan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) kepada Kantor Akuntan Publik.

Bagus Sarwono, Ketua Bawaslu DIY mengatakan penyampaian LPPDK merupakan salah satu kewajiban yang diamanatkan oleh UU Pemilu dalam rangka menjunjung tinggi prinsip keterbukaan dalam penggunaan dana kampanye.

Sesuai pasal 335 UU Pemilu, kewajiban tersebut, kata Bagus, dibatasi waktu paling lama 15 (lima belas) hari sesudah hari pemungutan suara atau pada kurun waktu 18 April hingga 2 Mei 2019.

Setidaknya akan ada dua ancaman sanksi yang bisa saja diterima oleh peserta pemilu yang tak serahkan LPPDK.

"Pertama, Sanksi pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah yang bersangkutan apabila peserta pemilu tidak menyampaikan LPPDK kepada Kantor Akuntan Publik sampai dengan waktu yang telah ditentukan (Vide pasal 338 UU Pemilu)," bebernya.

"Kedua, sanksi pidana kurungan paling lama satu tahun penjara dan denda paling banyak Rp 12.000.000 bagi peserta pemily yang memberikan keterangan yang tidak benar dalam LPPDK (vide pasal 496 UU Pemilu)," lanjutnya.

Dari temuan pengawasan ini, menunjukkan bahwa 27 persen caleg DPD RI DIY tidak melaporkan dana kampanyenya dan sisanya telah melaporkan. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved