Kota Yogya

Sejumlah 45 RPK Segera Dibentuk di Kota Yogyakarta

RPK tersebut akan dikelola oleh Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dibina tim PKK.

Sejumlah 45 RPK Segera Dibentuk di Kota Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Masyarakat akan semakin mudah mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga standar dengan adanya RPK. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Divisi Regional Bulog DIY Rini Andrida menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 1.900 Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di seluruh DIY dan belum termasuk 45 RPK yang baru dilaunching pada Kamis (2/5/2019).

"Kami berharap dengan adanya pembukaan RPK ini, kami bisa memberi kontribusi untuk mendekatkan pangan ke masyarakat," ujarnya dalam sambutan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kota Yogyakarta 2019, di Lapangan Segara Amarta RW 13 Bangunrejo, Kricak, Tegalrejo, Kamis (2/5/2019).

Ia mengatakan bahwa pada kesempatan tersebut pihaknya menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah Kota Yogyakarta terkait penyediaan stok, keterjangkauan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok, dan untuk stabilitas harga.

Sewindu Tribun Jogja, Bertekad Jadi Media Rujukan dalam Era Revolusi Industri 4.0

"Ketiga tujuan tersebut dituangkan dalam kerjasama ini. Sinergi ini menjadi awal untuk dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat agar mendapatkan pangan lebih dekat lagi dengan harga yang disarankan yaitu mengacu pada HET (Harga Eceran Tertinggi)," ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta, Edy Muhammad menjelaskan bahwa terdapat 45 RPK yang tersebar di masing-masing kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta.

RPK tersebut, lanjutnya, dikelola oleh Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dibina tim PKK.

"Modal untuk membuka RPK Rp 2 juta. Kita ada dana untuk pemberdayaan ekonomi. Nanti keuntungan dari RPK, bisa diputar oleh UP2K," bebernya.

RPK di DIY Sudah Tembus 1096 Unit

Bulog sendiri, lanjutnya, untuk suplai kebutuhan pokok di RPK memiliki lima komiditas yang disediakan yakni beras medium sampai premium, terigu, minyak, gula pasir, dan daging kerbau.

"Terkait penyimpanan ini, bila perputaran pesanan mencapai Rp 1 juta, maka Bulog yang mendistribusikan langsung ke RPK. Jadi UP2K bisa sistem preorder," jelas Edy.

Ia menambahkan, dengan adanya Program Bulog tersebut, dinilai sangat membantu karena terkait pemberdayaan ekonomi, memudahkan masyarakat mendapat bahan pokok di daerah, dan mengendalikan inflasi.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved