Yogyakarta

AP I Sudah Ajukan Slot Penerbangan Domestik di Bandara YIA

Hal itu menjadi satu di antara alasan pemilihan rute domestik pada pengoperasian perdana YIA pada akhir April 2019 ini.

AP I Sudah Ajukan Slot Penerbangan Domestik di Bandara YIA
TRIBUNJOGJA/SINGGIH WAHYU
Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I menyebut minat maskapai penerbangan untuk mengoperasikan penerbangan domestik melalui Yogyakarta International Airport (YIA) di Temon, Kabupaten Kulon Progo cukup tinggi.

Hal itu menjadi satu di antara alasan pemilihan rute domestik pada pengoperasian perdana YIA pada akhir April 2019 ini.

Rencana pembukaan rute penerbangan domestik di YIA mengemuka setelah dipastikan maskapai penerbangan internasional Air Asia dan Silk Air belum cukup siap untuk segera beroperasi di bandara baru tersebut.

Ada regulasi di negara asalnya masing-masing yang harus dipenuhi terlebih dulu dan butuh waktu lebih lama untuk persiapan pengoperasian pesawatnya di YIA.

Padahal, dua maskapai itu sebelumnya digadang-gadang bakal menjadi yang pertama melayani penerbangan di YIA saat pengoperasian perdananya.

Penerbangan Internasional Batal Pindah ke YIA

Juru Bicara Proyek Pembangunan YIA PT AP I sekaligus General Manager Bandara Adisucipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan pihaknya langsung menawarkan potensi slot penerbangan domestik kepada sejumlah maskapai setelah ada kepastian bahwa penerbangan internasional dari dua maskapai itu urung dilaksanakan.

Izin slot domestik itu juga telah diajukan ke Kementerian Perhubungan dan kini tengah dalam proses untuk persetujuannya.

"Setelah mereka (maskapai internasional) menyatakan belum siap, kami menawarkan kepada domestik dan alhamdulillah minatnya tinggi. Ada tiga maskapai yang berminat dan ini yang kita tangkap. Insyaallah dalam waktu dekat ada informasi soal izin slotnya," kata Pandu, Kamis (25/4/2019).

Masjid Unik Bandara YIA Diresmikan

Ketiga maskapai itu yakni Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, dan Air Asia Indonesia yang akan membuka rute baru melalui YIA.

Garuda Indonesia dan Air Asia Indonesia akan membuka penerbangan destinasi Jakarta sedangkan Lion Air Group akan membuka rute Balikpapan, Bali, dan Batam.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved