Kota Magelang

Sistem Zonasi Diterapkan pada PPDB Tahun 2019 di Kota Magelang

Sistem Zonasi akan diberlakukan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019 untuk TK, SD, SMP di Kota Magelang

Sistem Zonasi Diterapkan pada PPDB Tahun 2019 di Kota Magelang
istimewa
ilustrasi PPDB 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sistem Zonasi akan diberlakukan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019 untuk TK, SD, SMP di Kota Magelang. Sistem ini ditujukan untuk memeratakan mutu pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Taufik Nurbakin, memastikan penerimaan peserta didik baru tahun 2019 ini akan menggunakan sistem zonasi.

Hal ini sesuai surat keputusan yang dikeluarkannya tanggal 5 April 2019 lalu.

"Kami mulai menerapkan sistem zonasi untuk PPDB jenjang TK, SD, SMP di Kota Magelang, tahun 2019 ini," kata Taufik, Minggu (21/4/2019).

Taufik mengatakan, tujuan zonasi ini tak lain adalah untuk memeratakan mutu pendidikan, baik sekolah negeri atau sekolah swasta, memiliki mutu yang sama tinggi. Zonasi ini juga untuk distribusi tenaga pengajar, atau guru.

Dekatkan Anak dengan Budaya Nusantara Lewat Lomba Mendongeng

Sistem Zonasi PPDB 2019 Gunakan Indikator Berbeda dari PPDB Tahun Lalu

"Tak ada lagi sekolah favorit atau sekolah bukan favorit. Nanti seluruh sekolah negeri harus sama dengan sekolah swasta. Zonasi ini sudah tahun lalu kita lakukan, tetapi tahun 2019 ini baru dapat kita terapkan,” ujarnya.

Seleksi PPDB sendiri akan dilaksanakan melalui tiga jalur, yakni jalur zonasi untuk TK dan SD 95 persen dan untuk SMP 90 persen, jalur prestasi untuk SMP 5 persen, dan jalur mutasi orang tua untuk TK/SD/SMP 5 persen.

Jalur zonasi untuk zona 1 untuk calon peserta didik yang berdomisili di Kota Magelang dan zona 2 untuk yang berdomisili di luar Kota Magelang. Domisili ini dibuktikan dengan kartu keluarga dan surat domisili yang dikeluarkan RT/RW, kelurahan, dengan minimal enam bulan tinggal atau berdomisili.(tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved