Kulon Progo

Jaringan Distribusi Air Bersih untuk NYIA Kulon Progo Rampung Maret Ini

Pemasangan pipa jaringan distribusi utama air bersih untuk New Yogyakarta International Airport (NYIA) ditargetkan rampung pada akhir Maret 2019 ini.

Jaringan Distribusi Air Bersih untuk NYIA Kulon Progo Rampung Maret Ini
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu Nugraha
Sejumlah pekerja tengah mengebut pengerjaan bangunan terminal penumpang New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo, Rabu (13/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pemasangan pipa jaringan distribusi utama air bersih untuk New Yogyakarta International Airport (NYIA) ditargetkan rampung pada akhir Maret 2019 ini.

Sedangkan untuk mendukung operasi terbatas di April nanti, jaringan temporer telah disiapkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun.

Direktur Utama PDAM Tirta Binangun, Jumantoro mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan jaringan temporer berkapasitas 14 liter per detik yang diambilkan bahan bakunya dari Bendung Sapon di Sungai Progo wilayah Kecamatan Lendah.

Proses tersebut sudah hampir sempurna dan tinggal menunggu reservoir atau bak penampung dari PT pembangunan Perumahan (PP)-KSO selaku kontraktor pembangunan NYIA beserta pemasangan pipa suplai menuju ground water tank (penampung bawah tanah).

Hal itu menjadi isi nota kesepahaman (MoU) PDAM dengan PT Angkasa Pura I tentang penyediaan suplai air bersih untuk kebutuhan operasional bandara itu, pada Desember 2018 lalu.

"Pipa jaringan untuk jalur distribusi utama sudah kami kerjakan sejak 3 Desember 2018. Sampai hari ini sudah terpasang 1.800 meter dari total kebutuhan 2.100 meter. Target kami, Maret 2019 ini bisa selesai," kata Jumantoro pada Tribunjogja.com, Senin (25/3/2019).

Pipa jaringan itu akan menyuplai kebutuhan air bersih di NYIA hingga 60 liter per detik saat bandara itu beroperasi secara penuh nantinya.

Adapun pipa temporer untuk pemenuhan kebutuhan di masa operasi minimum itu berkapasitas 14 liter per detik sesuai perkiraan PDAM atas kebutuhan di NYIA dalam dua tahun ke depan (2019-2010).

Baca: Bandara NYIA Kulonprogo Ditargetkan Beroperasi pada 7 April 2019, Berikut Progres dan Kesiapannya

Jumantoro optimistis pihaknya bisa menyelesaikan pemasangan pipa distribusi utama itu sesuai target.

Asalkan, tidak ada kendala dari pembangunan lain.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved