Mustahil Bisa Titip Absen, Kampus di China Gunakan Sistem Absensi Berteknologi AI

Universitas Hangzhou Dianzi di China menggunakan teknologi kecerdasan buatan dalam sistem absensi mereka

Mustahil Bisa Titip Absen, Kampus di China Gunakan Sistem Absensi Berteknologi AI
NET
Ilustrasi 

Mustahil Bisa Titip Absen, Kampus di China Gunakan Sistem Absensi Berteknologi AI

TRIBUNJOGJA.com - Universitas Hangzhou Dianzi di China selangkah lebih maju dalam urusan absensi. Mereka menggunakan aplikasi absensi yang dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan untuk mendeteksi mahasiswa yang tidak hadir. Alat ini juga berfungsi untuk mendorong mereka untuk masuk kelas.

Sistem ini mengharuskan mahasiswa untuk mengisi absensi di aplikasi menggunakan kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel mereka ketika berada di dalam ruang kelas.

Jika mereka tidak hadir atau terlambat hadir, AI akan secara otomatis menelepon dan memberi peringatan yang berbunyi: “Halo, ini AI, asisten suara pintar dari konselor Hangzhou Dianzi University. Saya mendapati Anda tidak hadir di kelas hari ini”.

Respons mahasiswa kemudian akan direkam dan ditranskrip untuk diteruskan ke staf universitas.

Artificial Intelligence Bisa Tebak Kepribadian Anda Lewat Tatapan Mata

Dilansir dari South China Morning Post, sistem baru ini terbukti efektif dalam membuat mahasiswa lebih rajin masuk kelas. Selama dua minggu sistem ini bekerja, tingkat kehadiran mahasiswa di Universitas Hangzhou Dianzi naik tujuh persen dibanding semester sebelumnya.

Selain itu, para dosen juga tidak membuang-buang waktu untuk memeriksa absensi. Hu Haibin, wakil direktur kantor kemahasiswaan di universitas tersebut, berkata bahwa sistem ini mampu memangkas waktu absensi dari delapan menit menjadi 15 detik saja. Pasalnya, batas waktu absensi menggunakan aplikasi bisa diatur oleh dosen hingga maksimal 36 detik.

Kecerdasan Buatan Bisa Ciptakan Diktator Abadi Menurut Elon Musk

Meski demikian, Hu menegaskan bahwa tujuan utama dari pengadaan aplikasi ini bukanlah menangkap mahasiswa yang tidak masuk kelas, tetapi untuk mencari alasan mengapa mereka tidak masuk kelas.

Hasil rekaman dan transkripsi yang diambil oleh AI akan dikategorikan untuk membangun database. Staf universitas kemudian diharuskan untuk menghubungi mahasiswa yang tidak hadir untuk menggali alasan lebih dalam dan memotivasi mereka agar masuk kelas. (*)

===

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Universitas China Pakai AI untuk Cek Kehadiran, Tak Bisa Titip Absen

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved