Pendidikan

M Nasir Ajak Mahasiswa Peka Revolusi Industri 4.0

Menurutnya mahasiswa merupakan generasi yang berperan sebagai agen perubahan dalam mencerdaskan bangsa.

M Nasir Ajak Mahasiswa Peka Revolusi Industri 4.0
istimewa
Muhammad Agus Setiawan Koordinator Wilayah FL2MI dan Advis Ilhamzani Ketua Panitia Munas FL2MI saat mendampingi Menteri Muhammad Nasir dalam pembukaan Musyawarah Nasional XI Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (Munas XI FL2MI) yang dihelat sejak 18 Maret 2019 lalu di Grha Instiper Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Prof H Mohammad Nasir PhD Ak mengajak anak muda khususnya mahasiswa saat ini peka terhadap era revolusi industri 4.0.

Hal ini ia sampaikan dalam sela Musyawarah Nasional XI Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (Munas XI FL2MI) yang dihelat sejak 18 Maret 2019 lalu di Grha Instiper Yogyakarta.

Menurutnya mahasiswa merupakan generasi yang berperan sebagai agen perubahan dalam mencerdaskan bangsa.

Dalam paparannya, Menristek menyampaikan bahwa saat ini mahasiswa harus peka dan paham bahwa dalam era revolusi industri 4.0 lingkungan berubah dengan cepat.

Baca: TNI AU Siapkan Tenaga Medis Hadapi Revolusi Industri 4.0 Bidang Kesehatan

"Mahasiswa juga harus cepat berubah dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Anak mudalah yang harusnya lebih cepat merespon perubahan, karena mahasiswa merupakan salah satu agen perubahan yang diharapkan membawa perubahan yang positif dalam rangka mencerdaskan bangsa," katanya.

Menristek meyakini di tangan para pemuda dan pemudi ini, Bangsa Indonesia akan dibawa menuju Indonesia Emas yang bermartabat dengan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Rektor Instiper, Dr Purwadi juga menambahkan pihaknya mengaku sangat mendukung beragam aktivitas positif yang dilakukan mahasiswa salah satunya seperti Musyawarah Nasional Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia ini.

Rektor juga menambahkan, melalui kegiatan berorganisasi mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran kritis dalam batasan masih berlandaskan Pancasila.

"Mahasiswa jangan sampai mengikuti kegiatan yang radikal dan harus selalu menjaga kebhinekaan dan merawat rasa kebangsaan," sebutnya.

Baca: Kemenristek Rilis Peraturan Menteri untuk Pembentukan UKM PIB di Kampus

Seperti diketahui ada sebanyak 400 mahasiswa dari 200 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang mengikuti acara Musyawarah Nasional XI Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (Munas XI FL2MI) ini.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved