Lifestyle

Mengelola Keuangan secara Sehat Bersama Pasangan

Tidak ada kata terlambat untuk mulai berdiskui mengenai harapan Anda terkait pengelolaan keuangan,

Mengelola Keuangan secara Sehat Bersama Pasangan
via Pinteres Salary And Expenses Cartoons
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Wanita mungkin membuat kesalahan finansial yang membuat mereka makin miskin ketika berbicara tentang mengelola uang.

Dan mereka pun tidak menyadari hal ini.

Selain itu, kebanyakan perempuan juga tidak melakukan hal untuk memperbaiki pengelolaan finansial mereka, yakni ikut berperan aktif dalam membuat keputusan penting mengenai keuangan mereka.

Hal itu merupakan salah satu hasil studi dari UBS Global Wealth Management, yang menemukan bahwa 58 persen wanita meninggalkan pilihan-pilihan penting itu kepada pasangan mereka.

Wanita yang lebih muda, mereka yang berusia antara 20 dan 34, bahkan lebih cenderung untuk tunduk kepada orang lain mencapai 56 persen.

Sementara itu, wanita yang lebih tua berusia 51 tahun ke atas, 54 persen mengatakan bahwa mereka menyerahkan keputusan mengenai uang kepada suami.

Kebiasaan ini dapat menempatkan wanita dalam risiko finansial, terutama jika mereka bercerai atau pasangan mereka meninggal.

Baca: Ketimbang Cinta, Orang Kaya di AS Lebih Pilih Stabilitas Finansial

Di sisi lain, studi tersebut menemukan bahwa ketika pasangan yang bekerja bersama dalam tujuan uang jangka panjang, prospeknya membaik.

Wanita mempunyai kepercayaan diri yang lebih tinggi akan masa depan mereka, lebih sedikit membuat kesalahan, dan lebih sedikit stres mengenai keuangan.

Mengutip dari CNBC.com, Selasa (19/3/2019), pakar keuangan memiliki beberapa kiat pasti tentang bagaimana wanita dan pria dapat membangun komunikasi yang sehat seputar uang bersama.

Halaman
1234
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved