Yogyakarta

Tunjang NYIA, Progres Stasiun Wojo Capai 80 Persen

Nantinya, stasiun Wojo ini akan digunakan untuk menunjang bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang direncanakan akan diresmikan

Tunjang NYIA, Progres Stasiun Wojo Capai 80 Persen
Humas PT KAI Persero Daop 6
Petugas dari PT KAI Persero sedang meninjau perbaikan stasiun Wojo beberapa saat lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sampai dengan saat ini, progres pembangunan stasiun Wojo sudah mencapai 80 persen.

Nantinya, stasiun Wojo ini akan digunakan untuk menunjang bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang direncanakan akan diresmikan pada April mendatang.

Eko Budiyanto, Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta, menerangkan jika sampai dengan saat ini progres perbaikan Wojo sudah mencapai 80 persen, dan direncanakan akan selesai pada 31 Maret 2019 mendatang.

Dia juga mengatakan, nantinya ketika stasiun Wojo sudah selesai dibangun, maka giliran stasiun Kedundang yang juga akan dibangun.

Baca: Wajah Stasiun Wojo dan Stasiun Kedundang Tidak Akan Diubah

"Progres sudah 80%, tanggal 31 Maret mudah-mudahan bisa selesai. Sekarang sudah kelihatan stasiunnya. Wojo dulu, Kedundang nanti setelahnya," ungkapnya.

Eko menerangkan, saat ini pihaknya sedang melakukan penambahan rel, yang sebelumnya hanya dua ditambah satu menjadi tiga rel.

Kemudian, ada pembangunan ruang tunggu, ruang ticketing, mushola, toilet, area jalan menuju ticketing maupun jalan yang ada di depan stasiun.

Untuk petugas sendiri, nantinya juga akan ada penambahan, baik petugas yang berjaga di bagian ticketing, office boy, parkir dan yang lainnya.

"Kalau petugas tidak masalah, kita sudah siap semuanya. Untuk petugas yang diperlukan kita menyesuaikan, tambahan yang pasti ada. Nanti kan ada layanan yang baru, yang tadinya tidak ada hanya stasiun operasional. Dulu tidak ada naik turun penumpang, sekarang ada penjualan tiket," jelasnya.

Baca: Proses Pembenahan Stasiun Wojo dan Kedundang Masih dalam Tahap Administrasi

Bukan hanya Wojo, saat ini PT KAI (Persero) juga sedang melakukan penambahan ruang tunggu di stasiun Tugu dan Wates.

"Wates dan Tugu juga ada perbaikan, sudah kita mulai. Ini semua untuk menyongsong bandara NYIA. Saat ini PT KAI (Persero) terus berbenah, misalnya pembuatan ruang tambahan di stasiun Tugu dan Wates, yang dibangun berbarengan dengan Wojo. Perbaikan jalan koordinasi dengan Satker, Kementerian Perhubungan," jelasnya.

Berkenaan dengan wajah stasiun Wojo yang berarsitektur lawas, Eko menerangkan jika hal itu tidak akan diubah, hanya dilakukan renovasi saja

"Wajah stasiun tidak akan diubah, hanya direnovasi. Malah ada nilai tersendiri kalau bangunan tua. Tapi yang depannya, ruang tunggu, dibangun baru dan diperbagus," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved