Lakukan Ini, Pertolongan Pertama saat Terjadi Serangan Jantung

Jadi, jika ada seseorang di samping kita mendapat serangan jantung, begini pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan.

Lakukan Ini, Pertolongan Pertama saat Terjadi Serangan Jantung
IST ISTOCK
Ilustrasi serangan jantung dan dada sesak 

TRIBUNJOGJA.COM - Peristiwa pingsannya seorang penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Cawang menjadi viral di media sosial.

Kejadian ini dibenarkan oleh Vice President Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa. Eva mengatakan, peristiwa tersebut yang terjadi pada Senin (25/2/2019) lalu.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, korban diketahui bernama Adhi.

Kejadian itu berawal dari petugas kesehatan di Posko Kesehatan Stasiun Tebet yang mendapatkan laporan pada pukul 14.04 WIB.

Di mana ada penumpang KRL mengalami serangan jantung dan akan dirujuk ke rumah sakit.

"Petugas langsung meluncur ke Stasiun Cawang, kurang lebih 10 menit petugas sampai di Stasiun Cawang," kata Eva saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/2/2019).

Namun ketika sudah sampai di Stasiun Cawang, petugas mendapati Adhi sudah tak sadarkan diri dan berada di Posko Kesehatan Stasiun Cawang ditemani petugas posko dan seorang penumpang KRL bernama Fitri.

"Petugas menanyakan kronologi kenapa penumpang itu bisa pingsan tapi enggak ada yang tahu. Hanya penumpang bernama Fitri yang tahu kronologinya," ujar Eva.

Fitri lalu menyampaikan kepada petugas bahwa dirinya menemukan Adhi seperti terkena serangan jantung dan mengalami sesak pada dada.

Ia pun langsung membawa Adhi ke Posko Kesehatan Stasiun Cawang dan berinisiatif memberikan pertolongan pertama pada Adhi yang sudah tak sadar agar tetap bisa bernafas normal.

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved