Kulon Progo

Hujan Deras Picu Sejumlah Bencana di Kulon Progo, Mulai Banjir Hingga Tanah Longsor

Hujan Deras Picu Sejumlah Bencana di Kulon Progo, Mulai Banjir Hingga Tanah Longsor

Hujan Deras Picu Sejumlah Bencana di Kulon Progo, Mulai Banjir Hingga Tanah Longsor
IST
Siswa SDN Conegaran, Triharjo, Kecamatan Wates tengah membersihkan teras kelas yang terendam air, Jumat (8/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Hujan deras yang mengguyur Kulon Progo pada Jumat (8/2/2019) dinihari memunculkan sejumlah kejadian bencana di Kulon Progo. Mulai dari banjir genangan hingga tanah longsor.

Di wilayah Wates, air setinggi sekitr 30 centimeter menggenangi lingkungan SDN Conegaran, Pedukuhan Tambah, Desa Triharjo, Kecamatan Wates.

Air mulai menggenang sejak sekitar subuh hari yang berasal dari luapan air irigasi dan drainase di sekitar lingkungan sekolah yang juga bersebelahan dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kulon Progo itu.

Akibatnya, tiga ruang kelas berikut perpustakaan, UKS, dan area parkir sekolah itu terendam.

"Saluran di sisi barat BLK mampet lalu airnya meluap ke sekolah sejak sekitar pukul 04.30," jelas Penjaga SDN Conegaran, Teguh Santosa.

Baca: Bupati Kulon Progo Targetkan Tali Asih PAG Cair Pekan Kedua Februari

Baca: Luncuran Awan Panas Merapi, Bupati Sleman Minta Warga di Pinggir Kali Gendol Waspada

Lebatnya hujan yang turun juga membuat kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun di Wates terendam air setinggi sekitar 50 cm di halaman dan jalan masuk kantor tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo mencatat ada sekitar empat laporan kejadian bencana setelah hujan deras pada Jumat.

Antara lain pohon tumbang di Sri Kayangan yang sempat menutup jalan setempat meski kemudian bsia tertangani oleh TIm Reaksi Cepat (TRC). Lalu juga ada tanggul jebol di Margosari, Pengasih dengan material menutup jalan menuju underpass rel kereta api. Kondisi sudah bisa tertangai dengan dukungan loader (alat berat) dari Kodim 0731 Kulon Progo.

Selain itu, ada dua kejadian tanah longsor di Ngruno, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih serta Pedukuhan Puguh, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang.(tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved