Kota Yogya

Pedagang Pasar Prawirotaman Segera Pindah ke Area Relokasi

Pedagang Pasar Prawirotaman segera menempati lahan relokasi sementara sembari menunggu proses pengerjaan revitalisasi Pasar Prawirotaman.

Pedagang Pasar Prawirotaman Segera Pindah ke Area Relokasi
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Pasar Prawirotaman rencananya akan direvitalisasi pada tahun 2019 ini. Sebanyak 619 pedagang akan direlokasi mulai Maret 2019 di lokasi pasar sementara tak jauh dari lokasi pasar sekarang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Warga Yogyakarta yang biasa berbelanja di Pasar Prawirotaman di Jalan Parangtritis, selama 2019 ini tepatnya pada Maret mendatang, harus bergeser ke Jalan Menukan.

Pasalnya, para pedagang Pasar Prawirotaman segera menempati lahan relokasi sementara sembari menunggu proses pengerjaan revitalisasi Pasar Prawirotaman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, Agus Tri Haryono mengatakan bahwa area relokasi tersebut memiliki luasan 5.000 meter.

Adapun anggaran yang digelontorkan untuk membangun area tersebut mencapai Rp 1,4 miliar.

Baca: Mie Setan dan Iblis Hidangan Mie Super Pedas di Yogyakarta

"Kenapa mahal? Karena mereka (pedagang) akan menempati lahan tersebut kurang lebih satu tahun. Maka, kami bangun fasilitas yang memadai mulai dari konblok, jaringan listrik, mushalla, parkir, dan sebagainya," ucapnya pada Tribunjogja.com, Selasa (5/2/2019).

Pengerjaan area relokasi pedagang tersebut, terhitung sejak Januari dan menurut kontrak dilaksanakan selama 45 hari kerja.

Luasan bagi lapak pedagang dibedakan menjadi 3 kategori yakni ukuran 3x3 meter, 1x1,5 meter, dan 1x1,25 meter.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi ke 619 pedagang pasar dan seluruhnya telah menyatakan kesediaannya untuk direlokasi sementara.

Baca: Pasar Bakal Direvitalisasi, Pedagang Pasar Prawirotaman Senang

"Mereka di sana (relokasi) juga tidak akan dikenakan retribusi penuh, melainkan setengahnya saja," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved