Menhan Norwegia Tuduh Rusia Bisa Picu Perang di Benua Eropa

Menteri Pertahanan Norwegia, Frank Bakke-Jensen memperingatkan kemungkinan pecahnya perang di daratan Eropa

Menhan Norwegia Tuduh Rusia Bisa Picu Perang di Benua Eropa
SputnikNews
Tentara Norwegia 

TRIBUNJOGJA.COM, OSLO – Menteri Pertahanan Norwegia, Frank Bakke-Jensen memperingatkan kemungkinan pecahnya perang di daratan Eropa. Ia menunjuk Rusia sebagai potensi ancaman utama.

Pernyataan itu disampaikan Bakke-Jensen dalam pesan awal tahun di Oslo, dikutip Sputniknews, Kamis (10/1/2019) dini hari WIB. Norwegia merupakan negara Nordik, anggota NATO.

Akhir tahun lalu, Norwegia menjadi tuan rumah Trident Juncture-18, latihan militer terbesar NATO dalam beberapa tahun terakhir.

Putin Sebut Rudal Hipersonik Rusia seperti Meteor saat Menghantam Target

Ada 31 negara terlibat, diikuti tak kurang 50.000 tentara, 10.000 kendaraan militer, puluhan kapal perang dan pesawat tempur, termasuk kelompok kapal induk AS.

Bakke-Jensen sekali lagi memperingatkan konflik bersenjata di benua Eropa bukan lagi omong kosong. Itu sebuah kemungkinan, dan menuduh Rusia mengambil bagian terbesar atas potensi ini.

"Secara umum, perkembangan di sekitar kita menggambarkan kita harus memperhitungkan konflik bersenjata antara negara-negara di Eropa,” kata Bakke-Jenson di depan kalangan militer Norwegia.

"Kekhawatiran nomor satu adalah Rusia. Kami melihat keseriusan yang lebih jelas terkait dengan tetangga kami di timur," tambahnya.

Rusia Bangun Kapal Induk Terbesar di Dunia, Sanggup Bawa 100 Pesawat

Norwegia pernah menjadi palagan perang penting pada masa Perang Dunia II. Jerman berusaha menguasai sepenuhnya perairan strategis di laut utara itu.

Bakke-Jensen mengatakan, Rusia sengaja berusaha menurunkan dan merusak persatuan barat dan kerja sama internasional. Moskow bersikap konfrontatif terhadap barat sejak krisis Ukraina 2014 dan pendudukan Krimea.

"Perubahan perilaku ini secara langsung mempengaruhi keamanan Norwegia dan sekutu," katanya. Ia menyebut Rusia lebih dari dua lusin kali dalam pidatonya.

Halaman
123
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved