Aktifitas Gunung Merapi

BREAKING NEWS: Pukul 19.02 Malam Ini, Luncuran Lava Merapi Terpantau CCTV di Puncak

BREAKING NEWS: Pukul 19.02 Malam Ini, Luncuran Lava Merapi Terpantau CCTV di Puncak

BREAKING NEWS: Pukul 19.02 Malam Ini, Luncuran Lava Merapi Terpantau CCTV di Puncak
BPPTKG Yogyakarta
Luncuran lava pijar Gunung Merapi yang terekam kamera BPPTKG, Rabu (19/12/2018) malam pukul 19.02 WIB. 

TRIBUNJOGJA.COM –  Guguran lava yang menimbulkan pendar cahaya kembali terjadi di puncak Gunung Merapi, Rabu (19/12/2018) pukul 19.02 WIB.

Panjang luncuran lava pijar tidak bisa diperkirakan karena lereng berkabut tebal. Arahnya tetap ke bukaan kawah menuju hulu Kali Gendol.

Foto yang diambil dari CCTV BPPTKG Yogyakarta di puncak gunung menunjukkan guguran disertai kepulan asap cukup tebal. Status aktivitas Merapi tetap di level ll (Waspada).

Perkembangan terbaru aktivitas Merapi siang ini disampaikan BPPTKG Yogyakarta lewat akun sosial media nereka di FB, IG, dan Twitter.

Baca: BPPTKG: Guguran Merapi adalah Fenomena Biasa

Diberitakan sebelumnya, guguran dan luncuran lava pijar terakhir terpantau pukul 12.30. Sebelumnya juga teramati pukul 08.10 dan 04.08 WIB.

Luncuran mengarah ke hulu Kali Gendol, dan terlihat jelas dari Dusun Balerante, Kemalang, Klaten.  

Perkembangan menariknya, gejala luncuran lava pijar terjadi sejak sekitar pukul 00.00, dengan kemunculan titik api diam di puncak.

Info terjadinya luncuran lava pijar ini disampaikan Indriarto dari Pusdalops BPBD Klaten. Rekaman video CCTV di Posko 907 Balerante juga menunjukkan peristiwa subuh tadi.

Pantauan di lapangan Rabu pagi, guguran dan luncuran lava pijar Gunung Merapi (2.930 mdpl) menimbulkan suara "gemludug" cukup keras sekitar pukul 08.10 WIB.

Baca: Penjelasan BPPTKG Terkait Guguran Lava Pijar di Puncak Merapi

Suara runtuhan material dari puncak gunung itu terdengar dari puncak bukit Kali Talang, Dusun Balerante, Kemalang, Klaten. Namun warga dusun tetap beraktivitas seperti biasa.

Halaman
12
Penulis: xna
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved