Agenda Jogja Hari Ini

JCWJM 2018 Akan Libatkan Ribuan Warga

Kegiatan JM 2018 ini akan dihadiri oleh pihak MURI dan dicatatkan sebagai Pagelaran Tari Jaranan dengan Penari Terbanyak se-Indonesia.

JCWJM 2018 Akan Libatkan Ribuan Warga
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Panitia Jogja Color Walk dan Jogja Menari (JCWJM) 2018 saat menunjukkan medali untuk peserta JCW yang bisa menyelesaikan rutenya. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) menggelar kegiatan Jogja Color Walk (JCW) dan Jogja Menari (JM) 2018 untuk memperingati reuni perak angkatan 1993, pada 23 Desember 2018 mendatang.

Wakil Ketua Panitia JCWJM 2018, Mardiah Suci Hardiyanti menjelaskan bahwa kegiatan JCW akan dilaksanakan pukul 06.30 dengan rute perjalanan dimulai dari SMAN 1 Yogyakarta, menuju pertigaan BPK, melewati pertigaan Stasiun Tugu, dan berakhir di Alun-Alun Utara.

"Target kami untuk JCW adalah 10.00/ peserta yang berasal dari berbagai komunitas, mulai dari pelajar, mahasiswa, pelari, keluarga, survivor dan relawan kanker, serta komunitas lainnya. Nantinya yang bisa menyelesaikan rute tersebut akan diganjar dengan medali," bebernya saat jumpa pers di Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Kamis (13/12/2018).

Ia menambahkan bahwa dengan tiket seharga Rp 25ribu, peserta JCW berkesempatan mengikuti undian dengan hadiah satu unit mobil, sembilan unit sepeda, sembilan unit handphone, dan tiga unit sepeda, serta 25 hadiah menarik lainnya.

"Jadi sengaja dipilih angka 1993 untuk angkatan kami dan angka 25 sebagai angka reuni perak yang diwujudkan dalan hadiah tersebut," tambahnya.

Ia menambahkan, diagendakan untuk hadir dalam acara tersebut yakni Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Baca: Chord Gitar Beserta Lirik Lagu Menari Ciptaan Rizky Febrian pada Album Jejak

"Hingga saat ini beliau masih on schedule untuk datang ke acara ini," bebernya.

Sementara itu, Koordinator JM 2018 Reni Kusumawardani menjelaskan bahwa untuk target penari yang akan memeriahkan acara tersebut sejumlah 3.600 penari.

Rencananya, kegiatan JM 2018 ini akan dihadiri oleh pihak MURI dan dicatatkan sebagai Pagelaran Tari Jaranan dengan Penari Terbanyak se-Indonesia.

Baca: 3 Spot Instagramable dan Menarik di Situs Candi Ratu Boko

"Alasan memilih Tari Jaranan adalah karena tarian kreasi baru lebih mudah diterima di berbagai kalangan dan usia. Menyimbolkan perjuangan dan kerjasama yang juga terinspirasi dari tarian lokal DIY," bebernya.

Ia menjelaskan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam JM 2018, mempelajari gerakan tari melalui Youtube dengan kata kunci yang dapat dicantumkan di kolom pencarian yakni Jogja Menari 2018.

"Mereka nantinya juga wajib menggunakan baju khas Yogyakarta, yakni lurik serta nanti tergantung kreativitas masing masing penari, bisa menambahkan kacamata atau membawa jaran kepang, dan sebagainya. Penari yang ikut dalam JM 2018 nantinya akan mendapatkan sertifikat," tambahnya. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved