Yogyakarta

Perhatikan Titik-titik Lokasi Parkir di Sekitar Malioboro untuk Masa Libur Natal-Tahun Baru

Pemkot Yogya sudah menyediakan parkir tambahan yang berada di eks UPN, bong suwung Stasiun, dan parkir di sisi selatan Beringharjo.

Perhatikan Titik-titik Lokasi Parkir di Sekitar Malioboro untuk Masa Libur Natal-Tahun Baru
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
KAWASAN PEDESTRIAN. Warga beraktivitas di kawasan jalan Malioboro, kota Yogyakarta, Senin (5/11/2018). Direncanakan akan dilaksanakan ujicoba pelaksaaan jalan Malioboro menjadi kawasan pedestrian secara penuh hanya bus Transjogja dan kendaraan tak bermotor yang boleh melintas. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bagi warga yang ingin merayakan libur Natal dan Tahun Baru di Kota Yogyakarta, sebaiknya memperhatikan titik-titik parkir yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto, menjelaskan bahwa lokasi parkir tahun ini, ada beberapa perbedaan dengan tahun lalu.

Hal ini dikarenakan adanya pembangunan yang membuat lokasi parkir tahun lalu tidak bisa digunakan pada tahun ini.

"Contohnya di eks Bioskop Indra dan Beskalan," paparnya kepada Tribunjogja.com, akhir pekan lalu.

Baca: UPT Malioboro Siapkan 15 Tempat Sampah Baru selama Libur Natal dan Tahun Baru

Baca: Jika Tak Ingin Terjebak Kemacetan saat Libur Natal dan Tahun Baru, Hindari Jalan Malioboro

Adanya pengurangan lokasi parkir tersebut, ujarnya, berdampak pada menurunnya kapasitas parkir saat libur Natal dan tahun baru.

Walau demikian, Golkari mengatakan bahwa pihaknya juga sudah menyediakan parkir tambahan yang berada di eks UPN, bong suwung Stasiun, dan parkir di sisi selatan Beringharjo.

"Harapannya masyarakat bisa lebih bijak kalau masuk Malioboro. Caranya yakni parkir kendaraan agak jauh dan berganti ke moda transportasi massal untuk datang ke Malioboro," bebernya.

Baca: Jelang Liburan, Petugas Parkir Diminta Tak Aji Mumpung

Ia pun menyebut, momen seperti libur Natal dan tahun baru juga rawan dengan oknum yang bermain dengan tarif parkir.

Ia menegaskan bahwa selama liburan tersebut, tarif parkir berlaku normal seperti yang sudah tertuang dalam Perda dan tidak ada kenaikan.

"Kita mengimbau masyarakat untuk berani melaporkan petugas parkir yang memungut tarif melebihi ketentuan. Ada petugas di lapangan yang berada di bawah kami. Mereka memakai rompi dan ada nomor telepon di belakangnya. Silahkan telepon atau lapor ke kantor kami," bebernya. (*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved