Kulonprogo

Cegah Pelanggaran Aturan Pemilu, Bawaslu Kulon Progo Sosialisasi Berkeliling

Bawaslu Kulon Progo mengerahkan mobil keliling untuk mensosialisasikan pencegahan pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Cegah Pelanggaran Aturan Pemilu, Bawaslu Kulon Progo Sosialisasi Berkeliling
internet
Logo Bawaslu 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulon Progo mengerahkan mobil keliling untuk mensosialisasikan pencegahan pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu 2019, Minggu (11/11/2018) di wilayah Kecamatan Wates.

Sejumlah tempat keramaian umum seperti pasar, tempat peribadahan, dan alun-alun turut disambangi.

Dalam kesempatan itu, Bawaslu bersama panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan dan desa membagi-bagikan cokelat disertai imbauan verbal kepada masyarakat terkait larangan-larangan dalam Pemilu.

Dibagikan juga stiker berisi penjelasan atas sanksi bagi yang melanggar aturan.

"Ini inovasi untuk menarik perhatian masyarakat dalam sosialisasi tentang aturan Pemilu. Sosialisasi berkeliling ini sebagai optimalisasi upaya pencegahan dan meminimalisir terjadinya pelanggaran," kata Ketua Bawaslu Kulon Progo, Ria Harlinawati pada Tribunjogja.com.

Baca: Bawaslu Kulonprogo Temukan Puluhan Data Pemilih Ganda dalam DPT Pemilu 2019

Diakuinya, kegiatan ini dilakukan lantaran sejauh ini pihaknya melihat masih banyak masyarakat yang belum paham soal larangan aturan kampanye dan regulasi Pemilu 2019.

Terutama soal politik uang dan ketidaknetralan ASN yang jamak dilanggar sehingga hal itu menjadi materi utama dalam sosialisasi tersebut.

"Terutama di wilayah-wilayah pinggiran, masih banyak masyarakat yang belum memahami aturan Pemilu. Dengan sosialisasi ini kami berharap masyarakat semakin aware terhadap aturan," kata Ria.

Sosialisasi ini rencananya akan berlangsung hingga awal Desember mendatang.

Seluruh desa dan kelurahan di 12 kecamatan menjadi sasaran sosialisasi, terutama wilayah yang dianggap rawan terjadi pelanggaran.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved