Kulonprogo

Embung Mini Bakal Dibangun di Wates

Embung bisa dimanfaatkan sebagai sumber air bersih, area budi daya perikanan, maupun sebagai destinasi wisata baru di wilayahnya.

Embung Mini Bakal Dibangun di Wates
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebuah embung mini kabarnya bakal dibangun di wilayah Pedukuhan Punukan, Kelurahan Wates.

Embung bakal dikelola sebagai penampungan air sekaligus objek wisata.

Baca: Kekeringan Landa Kulon Progo, BPBD Ajukan Lagi Rekomendasi Perpanjangan Tanggap Darurat

Lurah Wates, Agus Wasana mengatakan bahwa rencana pembangunan embung sudah disampaikannya dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan serta dokumennya telah ditandatangani Bupati Kulon Progo.

Pun Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSSO) kabarnya memasukkan rencana pembangunan embung dalam program prioritasnya dan konstruksinya dimulai pada 2020.

"BBWSSO telah melakukan pemeriksaan kualitas tanah untuk melihat kecocokan dan kelayakan konstruksi di wilayah tersebut,"kata Agus pada Tribunjogja.com, Kamis (1/11/2018).

Pihaknya menyambut baik rencana pembangunan embung mini tersebut.

Lantaran, bisa digunakan sebagai penampungan air saat musim hujan sehingga mencegah air.

Diharapkannya embung juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber air bersih, area budi daya perikanan, maupun sebagai destinasi wisata baru di wilayahnya.

Baca: Darurat Kekeringan, BPBD Kulon Progo Lihat Perkembangan Cuaca

"Kendalanya mungkin pada pembebasan lahan. Kalau pengadaaan lahannya mundur, pembangunan konstruksinya juga bisa mundur," jelas Agus.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Niken Probo Laras pun mendukung program pembangunan embung mini tersebut.

Hanya saja, jika memang akan dijadikan destinasi wisata baru, disarankan untuk dikelola dengan sistem berbasis komunitas dengan adanya pengurus desa wisata dan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

"Sebisa mungkin ada ikon khas dan bukan sekadar lokasi berswafoto saja. Kalau hanya swafoto, di tempat lain sudah banyak," kata Niken.(*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved