Breaking News:

Nasional

Dorong Go Nuclear, BATAN Siapkan Pembangunan PLTN

Pemanfaatan teknologi nuklir di bidang pertanian, industri, kesehatan dan lingkungan telah dirasakan oleh masyarakat.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto dan Anggota Komisi VII DPR RI, Kurtubi saat memberikan pernyataannya dalam jumpa pers di STTN BATAN Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemanfaatan teknologi nuklir di bidang pertanian, industri, kesehatan dan lingkungan telah dirasakan oleh masyarakat.

Namun pemanfaatan teknologi nuklir untuk energi, hingga kini belum dirasakan oleh masyarakat, meskipun berbagai upaya penyiapan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) telah dilaksanakan.

Untuk itu, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) memiliki program untuk menyiapkan PLTN.

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan, kajian sistem nuklir juga telah dilakukan seperti di Jepara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan NTB.

Baca: BATAN Terus Berupaya Siapkan Program Nuklir untuk Energi

"Itu bagian dari kelak kalau pemerintah akan memilih salah satu lokasi (dibanggunnya PLTN)," ujarnya saat menggelar jumpa pers di STTN BATAN Yogyakarta pada Kamis (25/10/2018).

Djarot menambahkan dari sisi infrastruktur, lokasi sudah disiapkan, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga melakukan promosi di seluruh Indonesia.

Tiga hal tersebut yang menjadi bahan untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah.

"Siap dari sisi infrastruktur, sisi teknologi. Dari sisi teknis itu Indonesia siap kalau suatu saat pemerintah menetapkan go nuclear," lanjut dia.

Baca: BAPETEN Gelar Rapat Koordinasi Nasional Kedokteran Nuklir

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI, Kurtubi menambahkan, Komisi VII DPR RI juga sudah sepakat agar listrik dari pembakar nuklir menjadi bagian kelistrikan naisonal untuk segera dibangun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved