Kulonprogo

Pentas 1000 Penari Anggguk Tutup Upacara Hari jadi Kulonprogo

Gelaran Sewu Angguk menjadi pemungkas upacara peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Kulonprogo, Senin (15/10/2018) di Alun-alun Wates.

Pentas 1000 Penari Anggguk Tutup Upacara Hari jadi Kulonprogo
Tribun Jogja/ Singgih Wahyu
Suasana pertunjukkan tarian Sewu Angguk di Alun-alun Wates, Senin (15/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Gelaran Sewu Angguk menjadi pemungkas upacara peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Kulonprogo, Senin (15/10/2018) di Alun-alun Wates.

Aksi mereka menyita perhatian segenap tamu undangan dan masyarakat yang hadir dalam acara itu.

Gerakan yang ikonik dipadu iringan musik nan meriah mampu membius para penonton untuk tak mengalihkan pandangannya barang sekejap saja.

Formasi massal yang melibatkan kelompok besar perempuan dari kalangan seniman dan pelajar di Kulonprogo ini pun sukses menghadirkan kemeriahan secara kolosal di acara itu.

Meski hanya berdurasi sekitar 10 menit, gempitanya sungguh terasa. Pada upacara itu, hadir antara lain Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo dan jajarannya, Wakil Gubernur DIY, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Kulonprogo, dan sejumlah pejabat lain.

Baca: Terapkan Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan, Gunungkidul Raih Ki Hajar Award

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulonprogo seklaigus inisiator pertunjukan Sewu Angguk, Joko Mursito mengatakan konsep pagelaran yang baru sekali ini digelar adalah untuk mendorong kebanggan masyarakat terhadap kesenian tradisional tersebut.

Apalagi, tari Angguk sudah didapuk menjadi kesenian unggulan Kulonprogo. Tak hanya sekadar mencintai, masyarakat juga didorong untuk bisa mempraktikkannya.

Maka itu, dalam pertunjukan kali ini, pihaknya tak hanya menggandeng penari dari sekitar 40 sanggar tari melainkan juga kalangan pelajar. 

"Jadi, tarian ini tidak hanya ditarikan oleh penggiat sanggar tapi juga anak sekolah. Pada pertunjukkan ini, kami melibatkan siswa dari SMA/SMK se-Kulonprogo,"kata Joko. (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved