BBPOM Pastikan Minuman Torpedo Tak Terbukti Mengandung Narkoba

Sebanyak 56 siswa SMP menyayat tangan mereka sendiri. Sebelum melakukan aksi nekat itu, mereka mengonsumsi minuman merek Torpedo.

BBPOM Pastikan Minuman Torpedo Tak Terbukti Mengandung Narkoba
IST
Ilustrasi petugas BBPOM 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 56 siswa SMP di Pekanbaru diberitakan menyayat tangan mereka sendiri. Sebelum melakukan aksi nekat itu, mereka tenyata mengonsumsi minuman energi merek Torpedo.

Kepala sekolah curiga anak didiknya yang melakukan tindakan nekat itu berada dalam pengaruh narkoba atau obat-obatan halusinasi lain. Namun hasil tes urine para siswa ini tidak ada yang mengandung zat narkoba.

Menindak lanjuti laporan ini, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru melakukan uji laboraturium terhadap minuman energi merek Torpedo.

Kepala BBPOM Pekanbaru Muhammad Kashuri. menjelaskan. pihaknya menguji minuman kemasan ini atas permintaan Badan Narkotika Nasional Kota Pekanbaru.

"Kami diminta uji produk minuman energi Torpedo, dan hasilnya juga sudah kami sampaikan ke BNNK," kata Muhammad Kashuri seperti dilansir dari Antara.

Setelah nmelakukan uji laboraturium sample minuman Torpedo, hasilnya negatif golongan Benzodiazepim (Alpnzolam, Bromazepam, Chlodazepoxide, Clobazam, Clonazepam, Diazepam, Estuahm, Lorazepam dan Numepam).

“Tidak benar berita yang mengatakn bahwa minuman merek Torpedo mengandung jenis psikotropika Benzodiazepim,” ujar Muhammad Kashuri.

Benzodiazepim memang termasuk dalam golongan psikotropika yang bisa menyebabkan halusinasi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kepala BNN Pekanbaru, AKBP Sukito juga telah memberi klarifikasi.

"Anak-anak menyayat tangannya sendiri karena nonton di Youtube. Semacam challenge, tantangan kalau disayat tangannya sakit atau tidak," kata AKBP Sukito.

Meski para siswa mengaku sering minum minuman kemasan merek Torpedo, tapi berdasarkan hasil uji lab, minuman tersebut tidak mengandung zat berbahaya.

"Tidak ada hubungan perilaku sayat tangan dengan minuman energi merek Torpedo ini," lanjut AKBP Sukito.

Sukito juga menjelaskan bahwa di dalam kemasan minuman Torpedo memang tertulis minuman tidak diperuntukkan bagi ibu hamil dan anak-anak. (Aulia Dian Permata/Intisari)

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved