Fosil Terbesar Angiosperma Ditemukan di Utah

Fosil tersebut berupa batang pohon yang membatu dengan ukuran lebar enam kaki dan panjang 36 kaki. Fosil terbesar yang ditemukan

Fosil Terbesar Angiosperma Ditemukan di Utah
IST
Fosil terbesar pohon Angiosperma yang ditemukan di Utah 

TRIBUNJOGJA.COM - Sekitar 92 juta tahun lalu di Utah Tengah, badai mengerikan menghantam pohon berbunga yang sangat besar. Ini membuatnya hanyut ke sungai hingga menuju delta purba.

Sedimen kemudian mengubur sebagian batang pohon dan membuatnya termineralisasi – menghasilkan fosil yang kini memecahkan rekor.

Fosil tersebut berupa batang pohon yang membatu dengan ukuran lebar enam kaki dan panjang 36 kaki. Menurut peneliti, pohon berbunga itu diperkirakan tumbuh hingga 170 kaki selama hidupnya – dua kali lebih besar dari pohon tertinggi di Utah yang ada saat ini.

Penemuan ini tidak mengherankan bagi para ilmuwan. Tanaman berbunga yang juga dikenal dengan angiosperma sudah muncul 135 juta tahun lalu.

Sekitar seratus tahun lalu, tanaman-tanaman yang lebih kecilnya mendominasi dataran rendah. Namun 75-90 juta tahun lalu, mulai muncul pohon berbunga dengan ukuran raksasa yang menjulang ke langit.

“Ini tidak terlalu mengejutkan. Kita tahu bahwa pada masa itu, planet kita kaya akan flora angiosperma,” kata Nan Crystal Arens, ahli paleobotani dari Hobart and William Smith Colleges yang tidak terlibat dalam studi.

“Fosil ini adalah bukti nyata. Anda jadi tahu bahwa pohon-pohon besar tersebut pernah ada di sana,” imbuhnya.

Menemukan fosil dari masa Turonian menjadi tantangan tersendiri karena permukaan laut saat itu sangat tinggi. Dengan begitu, kebanyakan sedimen Turonian hanya menangkap apa yang ada di laut, bukan di daratan.

Puluhan fragmen kayu angiosperma yang diketahui selama ini berusia 84 juta tahun, dan itu pun berasal dari pohon kecil yang berdiameter kurang dari empat inci.

“Penemuan ini melampaui periode sampel sebelumnya. Sangat menyenangkan berhasil menjumpai fosil tersebut,” ungkap Dori Lynne Contreras, ahli paleobotani di University of California.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved