Pendidikan

Mahasiswa UNY Ciptakan Inovasi Celana Menstruasi Anti Bocor

Ketika siklus menstruasi terjadi, aktivitas di luar yang dilakukan cenderung akan dibatasi karena terdapat kekhawatiran terjadi kebocoran.

Mahasiswa UNY Ciptakan Inovasi Celana Menstruasi Anti Bocor
Istimewa
Mahasiswa UNY yang menggagas celana menstruasi anti bocor 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mahasiswa UNY melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), berinovasi dengan menggagas produk celana dalam khusus yang digunakan saat menstruasi dan diberi nama PANTIBO atau Panties Anti Bocor.

PANTIBO merupakan produk inovasi celana dalam di mana dilengkapi dengan kantung pada bagian depan celana dan lapisan anti bocor.

PANTIBO merupakan salah satu karya yang lolos didanai Dikti dan lolos PIMNAS 31 dalam ajang PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K) tahun 2018.

Celana ini berfungsi untuk mencegah kebocoran menstruasi hingga pakaian luar ini merupakan karya mahasiswa UNY yang beranggotakan Ening Budiarti (Akuntansi) sebagai ketua, Ratna Murni Asih (Pendidikan Ekonomi), Dwi Prihatin (Pendidikan Administrasi dan Perkantoran) serta Latifah Ramadayanti (Akuntansi) sebagai anggota.

Baca: Mahasiswa KKN UNY Manfaatkan Limbah Sekam untuk Hidroponik

Ening menjelaskan PANTIBO sebagai celana dalam anti bocor hadir menjadi solusi kekhawatiran wanita akan terjadinya kebocoran saat menstruasi bagi wanita usia produktif khususnya di Yogyakarta.

"Seperti yang banyak orang tahu, Yogyakarta merupakan Kota Pelajar di mana banyak aktivitas yang dikerjakan di luar rumah. Selain itu, banyak pendatang dari luar yang tinggal menetap di Yogyakarta dengan berbagai aktivitas, seperti wanita karier dan sebagainya. Jika dilihat dari potensi tersebut, maka pangsa pasar produk PANTIBO sangat luas. Sementara itu, sebesar 69,4 juta dari total penduduk Indonesia merupakan wanita usia produktif," ujarnya, Senin (13/8/2018).

Menurut survei kebutuhan konsumen, sebagian besar mengatakan bahwa dibutuhkan inovasi terbaru yang dapat memberi solusi terjadinya kebocoran saat menstruasi.

Diungkapkan Ening, ketika siklus menstruasi terjadi, aktivitas di luar yang dilakukan cenderung akan dibatasi karena terdapat kekhawatiran terjadi kebocoran.

Diungkapkanya, kelebihan PANTIBO jika dibandingkan dengan celana dalam pada biasanya yaitu celana dalam ini dilengkapi dengan lapisan anti bocor dan kantung yang terbuat dari kain taslon milky, berfungsi sebagai penyimpan cadangan pembalut.

Tidak hanya itu, bahan pembuatan celana dalam juga terbuat dari kain katun sehingga memiliki tekstur yang lembut, halus dingin dan akan terasa nyaman saat dikenakan.

Baca: Kaum Wanita, Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini untuk Hindari Rasa Sakit saat Menstruasi

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved