Pendidikan

Mahasiwa UGM Kembangkan Gula Rendah Kalori dari Buah Talok

Mahasiswa UGM berinovasi dengan mengembangkan gula rendah kalori bernama Jari Sugar.

Mahasiwa UGM Kembangkan Gula Rendah Kalori dari Buah Talok
istimewa
Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan UGM 2018 kembangkan gula rendah kalori dari bahan buah talok. 

TRIBUNJOGJA.COM - Mahasiswa UGM berinovasi dengan mengembangkan gula rendah kalori bernama Jari Sugar.

Jari Sugar merupakan singkatan dari Jamaican Cherry Organic Sugar.

Sesuai namanya Jari Sugar dibuat dari Jamaican Cherry atau yang masyarakat kenal dengan buah kersen atau talok.

Baca: Mahasiswa UGM Teliti Pergeseran Penggunaan Bahasa Rejang

Inovasi tersebut barawal dari keprihatinan atas hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan RI yang menyatakan penderita Diabetes Melitus (DM) dari tahun 2007 sampai 2013 mengalami pertambahan sebesar 1,2% atau sekitar 9,1 juta orang.

DM merupakan penyakit kronis di mana kadar gula seseorang lebih tinggi dari nilai normal akibat kekurangan hormon insulin yang mampu memetabolisme gula.

Bahkan di dunia, DM menempati 10 besar penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Berbekal data tersebut, Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan UGM 2018 yang terdiri dari Vega Putri, Naurul Izzah, Dilla Darista (ketiganya Fakulstas Kedokteran Gigi), Abdurahman Wahyu (Sekolah Vokasi) dan Fathul Huda (Fakultas Ekonomi Bisnis) mengolah buah talok yang selama ini tumbuh liar.

"Buah kersen atau talok tumbuh liar dan sering terbuang di pinggir jalan ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dara," jelasnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com, Kamis (2/8/2018).

Berdasarkan penilitian sebelumnya yang telah dilakukan, buah kersen mengandung asam askorbat, serat, betakaroten, tiamin, riboflavin dan niasin yang berkhasiat sebagai antidiabtes.

Kandungan di dalam kersen dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat penyerapan gula darah dari usus dan dapat mempercepat pencernaan.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved