Yogyakarta

DIY Layak Menyandang Status KEK

Sebagai daerah dengan tingkat UMKM dan pengrajin yang tergolong tinggi, DIY dinilai layak menyandang status kawasan ekonomi khusus.

DIY Layak Menyandang Status KEK
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, di sela Rapat Kerja Pengendalian Triwulan ke-2 Pemda DIY, di Inna Malioboro, Yogyakarta, Rabu (1/8/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai daerah dengan tingkat usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pengrajin yang tergolong tinggi, DIY dinilai layak menyandang status kawasan ekonomi khusus (KEK). 

Hal itu disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, di sela Rapat Kerja Pengendalian Triwulan ke-2 Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, di Inna Malioboro, Yogyakarta, Rabu (1/8/2018). 

Menurutnya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, bisa meminta kepada Menko Perekonomian terkait status KEK tersebut. Dengan begitu, berbagai keuntungan bisa diperoleh DIY.

"Saya yakin, akan mengurangi 10 persen pemotongan PPN dari para stakeholder. KEK itu bisa diberikan kepada Tanjung Lesung, Morotai dan Bitung. Harusnya, DIY juga bisa," katanya.

"Kalau bisa 10 persen tersimpan dalam pundi-pundi masyarakat, itu tentu akan merolling ekonomi lebih besar lagi," tambah Susi.

Ia mengungkapkan, KEK sendiri memiliki mekanisme pembebasan pajak. Bahkan, imbuhnya, saat ini akan didorong menjadi tax holiday hingga 50 tahun. 

Jelasnya, KEK di Tanjung Lesung hanya untuk pembangunan properti dan pabrik semen. Menurutnya, DIY, yang memiliki bayak UMKM dan pengrajin pun pantas menyandangnya. Dengan syarat, Pemda DIY mengajukannya kepada pusat.

Terlebih, seandainya DIY nanti mendapat status KEK, maka pertumbuhan ekonomi DIY, yang saat ini mencapai 5,3 persen, berpotensi tembus hingga di atas 10 persen, hanya dalam waktu sepuluh tahun. 

"Ya, dengan tidak dikenakannya PPN sebesar 10 persen, otomatis UMKM akan berinvestasi," ucapnya. (tribunjogja)

Penulis: aka
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved