China Bakal Uji Coba Rudal S-400, Si Pencegat Serangan Udara dan Pesawat Siluman

Militer China untuk pertama kali akan menguji tembak sistem rudal tercanggih S-400 produksi Rusia pada awal Agustus 2018 mendatang

China Bakal Uji Coba Rudal S-400, Si Pencegat Serangan Udara dan Pesawat Siluman
NET
Sistem Pertahanan Udara Rudal S-400 

TRIBUNJOGJA.COM, BEIJING - Militer China untuk pertama kali akan menguji tembak sistem rudal tercanggih S-400 produksi Rusia. Uji tembak akan dilakukan akhir bulan ini atau awal Agustus 2018.

"Direncanakan secepatnya akhir bulan ini, atau awal Agustus. Unit Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang dilatih di Rusia akan melakukan simulasi tembak dengan target darat di China," kata sumber militer China dikutip kantor berita TASS, Jumat (27/7/2018).

Russia Federal Service untuk Kerjasama Teknis Militer menolak mengomentari kabar ini. China menerima paket pertama sistem rudal S-400 Triumpf akhir pekan lalu. Segera sesudah dokumen serah terima diteken, kontrol sepenuhnya ada di pihak China.

Kabar kontrak pembelian sistem rudal S-400 Rusia oleh China terungkap November 2014. Pada November 2015, Vladimir Koszhin, penasihat militer Presiden Rusia, mengakui adanya kontrak pembelian ini.

China menjadi negara pertama yang akan menerima pengiriman paket rudal jarak sedang dan jauh ini dari Rusia. Rudal S-400 Triumf dirancang untuk mencegat setiap serangan udara, baik rudal maupun pesawat siluman.

Peluru kendali terbaru buatan Rusia ini mamp[u menjangkau jarak hingga 250 kilometer. Pentagon sejauh ini belum merilis sistem rudal apa milik mereka yang mampu menandingi keunggulan S-400 ini.

Produksi sistem rudal S-400 menimbulkan konflik politik sengit, terutama bagi pihak AS dan sekutunya. Washington berusaha menghalangi Turki yang berusaha keras mendapatkan produk senjata ini.

India juga berminat memiliki sistem rudal S-400. Begitu pula Suriah, yang upayanya betul-betul dihalangi Israel, yang ketakutan negara tetangga terdekatnya itu akan memiliki kemampuan tinggi menyerang negeri zionis itu.(Tribunjogja.com/TASS/AMN/xna)

Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved