Breaking News:

CPNS 2018

Info Kapan Penerimaan CPNS 2018 Dibuka, Pantau di Web BKN atau Kemenpan RB

Kapan Penerimaan CPNS 2018 Dibuka, Pantau di Web BKN atau Kemenpan RB. BKN atau Kemenpan RB

Penulis: say | Editor: Iwan Al Khasni
BKN
Ilustrasi Penerimaan dan Pendaftaran CPNS 2018 

TRIBUNJOGJA.COM - Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), yang salah satunya adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN), belum mengumumkan tentang waktu penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, hingga Selasa (17/7/2018) .

Melalui akun media sosial resminys, BKN mengingatkan agar masyarakat berhati-hati Terhadap isu penerimaan CPNS.

Saat ini, BKN juga belum bisa menjawab pertanyaan seputar persyaratan yang dibutuhkan untuk keperluan pendaftaran tersebut.

"#SobatBKN, mimin infokan masih belum ada info resmi terkait penerimaan CPNS beserta ketentuan & persyaratannya. Jadi u/ yg bertanya lulusan SMA ada tidak, dokumennya apa saja yg dibutuhkan, mimin masih belum bisa jawab. Pantau web & media sosial kami u/ info resmi lebih lanjut," jelas BKN.

"Selain itu #SobatBKN, hati-hati thd isu hoax atau info seputar penerimaan CPNS 2018 yg beredar di media sosial maupun channel youtube selain akun resmi kami atau @kempanrb. Karena mulai banyak yg menyebarkan tutorial pendaftaran, tutorial CAT-BKN sampai prediksi soal CAT-BKN," lanjutnya.

Saat Rapat Koordinasi Kepegawaian Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2018 dilaksanakan, Iwan Hermanto, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, menjelaskan tentang Sistem Seleksi CPNS Nasional (SCN) terintegrasi.

Dengan sistem terintegrasi, pelamar hanya perlu membuka satu portal untuk melakukan pendaftaran.

Ilustrasi
Ilustrasi (BKN)

Iwan juga menjelaskan, masalah yang paling banyak dijumpai pada seleksi CPNS tahun 2017 adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Oleh karena itu sebelum seleksi CPNS dimulai, calon pelamar disarankan untuk memastikan NIK-nya di instansi tersebut.

Pendaftaran CPNS tahun ini juga akan ada satu yang berbeda dari tahun lalu.

"Hanya satu yang berbeda dari tahun lalu. Fotonya adalah selfie. Selfie dengan KTP dan kode pendaftaran," jelas Iwan dalam video yang dirilis BKN di saluran Youtubenya.

Setelah pendaftaran selesai dilakukan peserta dan datanya terverifikasi, maka panitia akan mencetak kartu tes.
Seperti tahun sebelumnya, tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN, yang cepat diketahui hasilnya, akurat dan transparan.

CAT akan dilaksanakan di kantor regional BKN, atau bisa juga CAT mandiri dengan menyewa sebuah gedung.

Iwan mengungkapkan, saat ini tersedia 66 lokasi CAT BKN di seluruh Indonesia, yang disiapkan untuk penerimaan CPNS 2018.

Namun, angka itu masih bisa berubah, sesuai dengan jumlah pendaftarnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved