Ngaji Sehat on Facebook

Bagi Ibu Hamil yang Ingin Berpuasa, Simak Tips Berikut Ini

Nutrisi atau gizi seimbang tidak hanya diperlukan oleh ibu hamil saja, tapi juga bayi yang ada di dalam kandungannya

Bagi Ibu Hamil yang Ingin Berpuasa, Simak Tips Berikut Ini
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Dokter Kandungan RS JIH dr Muh Nurhadi Rahman SpOG 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bagi ibu hamil yang berpuasa, wajib untuk memperhatikan asupan gizi seimbang.

Karena nutrisi atau gizi seimbang tidak hanya diperlukan oleh ibu hamil saja, tapi juga bayi yang ada di dalam kandungannya.

Lalu bagaimana dengan ibu hamil yang ingin melaksanakan ibadah puasa?

Dokter Kandungan RS JIH, dr Muh Nurhadi Rahman SpOG, menjelaskan ibu hamil dapat berpuasa apabila kondisi ibu sehat tidak ada maslaah untuk menjalani puasa.

"Selama kondisi ibu itu sehat dan tidak ada keluhan yang sampai membuat misalnya badan jadi tidak enak, ada mual muntah yang berat, sebenarnya tidak maslaah untuk menjalankan puasa," ujar Nurhadi pada Jumat (1/6/2018).

Ditambahkannya, saat-saat terberat untuk ibu hamil itu biasanya dihadapi pada saat usia awal kehamilan yakni bulan pertama sampai usia tiga bulan atau usia 12 minggu.

Setelah usia kehamilan di atas 12 minggu, biasanya kondisinya semakin membaik, keluhan seperti mual, muntah, pusing, susah tidur dan keluhan yang lain itu akan berangsur angsur hilang.

"Biasanya yang menganggu ibu hamil itu ada di trimester satu dan menjelang tiga bulan terakhir. Karena sebagian besar ibu hamil mengalami kondisi itu, makanya biasanya trimester pertama tidak disarankan. Tapi kalau trimester pertama sehat-sehat saja itu tidak ada masalah sebenarnya," lanjut dia.

Jika pada trimester pertama ibu hamil tidak menemukan kendala, maka dapat memulai untuk berpuasa, asalkan masukan makanan cukup.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved