Jawa

PT TWC Kembangkan Standarisasi Layanan Produk Destinasi Wisata di DIY dan Jateng

PT TWC diminta pemerintah untuk membuat master plan destinasi wisata di DIY dan Jawa Tengah.

PT TWC Kembangkan Standarisasi Layanan Produk Destinasi Wisata di DIY dan Jateng
Dokumentasi PT TWC
Senior Vice President Secretary Corporate PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Rayu Boko, Achmad Muchlis saat memberikan sambutan dalam Press Tour. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SEMARANG - PT TWC diminta pemerintah untuk membuat master plan destinasi wisata di DIY dan Jawa Tengah. 

Hal tersebut dituturkan oleh Senior Vice President Secretary Corporate PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Rayu Boko, Achmad Muchlis saat menggelar Pers Gathering pada Sabtu (12/5/2018) malam di Hotel Chanti Semarang.

"Sepuluh destinasi yang dicanangkan pemerintah selain Bali digarap oleh PT TWC. Untuk wilayah DIY - Jateng PT TWC membuat master plannya," papar Muchlis.

Untuk itu, pihaknya menggelar Press Tour Joglosemar dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Pabrik Gula De Tjolomadoe, Lawang Sewu, Kota Lama Semarang dan Museum Kereta Api Ambarawa guna mewujudkannya.

"Colomadu merupakan sebuah destinasi baru di wilayah Solo," lanjutnya.

Ditambahkannya, selain Colomadu, destinasi wisata lainnya di Solo juga ada destinasi wisata Sangiran.

"Insya Allah sebentar lagi akan ada kereta api penghubung bandara dengan kereta api," imbuh dia.

Selain itu, Muchlis menambahkan, Semarang memiliki beberapa obyek wisata seperti Lawang Sewu dan Pelabuhan Tanjung Emas.

"Pelabuhan pada tahun 2013 2104 belum ada kelayakan pelayanan. Kita dorong bersama kita sampaikan bisa berkembang seperti sekarang," jelasnya.

Tak hanya di Joglosemar, pihaknya juga mendorong untuk mengembangkan dari sisi standarisasi layanan produk destinasi wilayah lainnya seperti di Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, kegiatan ini guna mempersiapkan masyarakat dan pelaku usaha guna mencapai target wisatawan mancanegara tahun 2019.

"Tidak bisa begitu saja, langsung ujug-ujug kaget 2019 ada target wisatawan mancanegara yang pemerintah canangkan 20 juta. Insya Allah Jogja juga punya New Yogyakarta International Airport untuk mendukung itu," kata dia.

Selain mengembangkan destinasi wisata, pihaknya juga mendukung masyarakat untuk mewujudkan 20 juta wisatawan mancanegara dan 2 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Joglosemar.

"Khusunya lingkup Jateng-DIY, kita getok tular kepada masyarakat 2019 2020 wisatawan mancanegara datang kita layani dengam baik tentu menjadi sebagai sarana mempromosikan dari mulut ke mulut suapaya ke depan lebih bagus kunjungannya," terangnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved