Bandara NYIA Kulonprogo

AP I Optimistis Kejar Target Operasional NYIA 2019

Upaya pengosongan berikut pembersihan lahan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon hingga kini belum juga tuntas.

AP I Optimistis Kejar Target Operasional NYIA 2019
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Juru Bicara Proyek Pembangunan NYIA PT AP I, Agus Pandu Purnama. 

TRIBUNJOGJA.COM - Upaya pengosongan berikut pembersihan lahan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon hingga kini belum juga tuntas karena terkendala masih adanya sebagian warga yang mendiami bidang-bidang tertentu.

Namun begitu, PT Angkasa Pura I sebagai pemrakarsa pembangunan bandara tersebut tetap optimistis bisa mengejar target operasional NYIA pada April 2019.

Juru Bicara Proyek Pembangunan NYIA PT AP I, Agus Pandu Purnama mengatakan pekerjaan di lapangan tetap berlangsung meskipun masih ada sebagian bidang lahan yang belum dibersihkan (land clearing).

Saat ini kegiatan masih berfokus pada proses pemadatan tanah dengan teknik dynamic compaction terutama di bagian airside (sisi udara) sebagai calon lokasi landasan pacu.

Masih ada sebagian kecil bidang di bagian tersebut yang belum dilakukan perataan lahan karena harus menunggu pengosongan lahan. 

"Karena pemadatan ini wajib ya. Secara hukum sebetulnya sudah siap karena sudah dikonsinyasikan (kompensasi pembebasan tanahnya) dan sudah ada tahap peringatan hingga tiga kali. Tinggal menunggu waktunya (warga) kita pindahkan. Tunggu hari baik," kata Pandu, Jumat (11/5/2018).

Diakuinya, proses land clearing masih menyisakan beberapa petak lahan yang belum selesai dikosongkan menigngat masih ada 32 rumah dengan 37 kepala keluarga (KK) yang masih bertahan tinggal di dalam areal Izin Penetapan Lokasi (IPL) pembangunan bandara.

Pemindahan warga penolak bandara tersebut harus secepatnya diselesaikan supaya proses kontruksi pembangunan bandara tersebut bisa dilanjutkan. 

Pandu mengatakan Bupati Kulonprogo sudah mendatangi beberapa rumah warga penolak.

Dari situ, ada sedikit titik terang terkait sikap warga bahwa sebetulnya mereka bersedia dipindahkan.

Halaman
12
Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved