Sains

Sepatu Ini Dibuat dari Daur Ulang Permen Karet

Meski memiliki bentuk yang sama dengan sepatu lainnya, sepatu ini sangat spesial karena terbuat dari permen karet daur ulang.

Editor: Ari Nugroho
The Verge via Kompas.com
Gumshoe, sepatu kets yang terbuat dari permen karet daur ulang 

TRIBUNJOGJA.COM - Kalau dilihat sekilas, bentuk sepatu yang dinamai Gumshoe ini tidak memiliki perbedaan dengan sepatu lainnya.

Meski memiliki bentuk yang sama dengan sepatu lainnya, sepatu ini sangat spesial karena terbuat dari permen karet daur ulang.

Hasil daur ulang permen karet itu digunakan untuk membuat sol sepatu.

Gumdrop, perusahaan yang memiliki otak atas ide tersebut berkata, 20 persen bahan yang diperlukan untuk membuat sol sepatu berasal dari permen karet daur ulang.

Baca: Guru Ini Membeli 55 Pasang Sepatu untuk Diberikan pada Muridnya yang Kurang Mampu

Inovasi cemerlang ini berangkat dari kemirisan Anna Bullus, desainer sekaligus direktur perusahaan Gumdrop saat mengetahui begitu banyak permen karet di trotoar jalan.

Sebuah penelitian menyebut, ada sekitar 1,5 juta kilogram permen karet menempel di jalan raya setiap tahunnya, dan membutuhkan jutaan dollar untuk membersihkannya.

Fakta inilah yang memicu Anna untuk membuat inovasi brilian.

"Kami menemukan bahwa permen karet terbuat dari karet sintesis. Dengan memanfaatkan fakta tersebut, kami mampu menciptakan jenis karet baru," kata Anna Bullus dilansir The Verge, Selasa (24/4/2018).

Setelah mengumpulkan permen karet dari jalanan, Anna menyebut dapat memanfaatkan 1 kilogram permen karet untuk membuat empat pasang sol sepatu.

Senyawa Gum-Tec yang berisi 20 persen permen karet diolah agar berbentuk biji dan kemudian baru dibentuk menjadi sol sepatu.

Pihaknya menyebut senyawa ini memiliki kekuatan, kelenturan, dan bau yang mirip dengan karet lainnya.

Baca: Misteri Lempeng Karet Cipetir yang Tersapu Hingga Eropa, Membuat Geger Dunia

"Kami ingin membuat orang sadar akan masalah ini. Saat itulah ide muncul untuk menciptakan sesuatu yang berguna dari hal yang tidak dipedulikan," kata juru bicara perusahaan, Jonathan Van Loon kepada The Verge.

Gumshoe disebut sebagai sepatu kets pertama di dunia yang memanfaatkan sampah permen karet.

Mereka berharap dapat segera memperluas proyek ini ke kota-kota besar lainnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terobosan Baru, Sepatu Kets dari Daur Ulang Permen Karet", https://sains.kompas.com/read/2018/04/25/180200423/terobosan-baru-sepatu-kets-dari-daur-ulang-permen-karet.
Penulis : Gloria Setyvani Putri
Editor : Gloria Setyvani Putri

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved